Kepengurusan MR KAHMI Kecamatan Kilo Dilantik

Kategori Berita

.

Kepengurusan MR KAHMI Kecamatan Kilo Dilantik

Koran lensa pos
Selasa, 10 Oktober 2023
Prosesi Pelantikan Pengurus MR KAHMI Kecamatan Kilo periode 2023-2023 oleh Sekum MD KAHMI Kabupaten Dompu, Suherman, S. Pd di Aula SMAN 2 Kilo, Senin (9/10/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Pengurus Majelis Rayon Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MR KAHMI) Kecamatan Kilo dilantik. Pelantikan digelar di Aula SMAN 2 Kilo yang berlokasi di Dusun Matompo Desa Mbuju Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu.

Diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) MD KAHMI Kabupaten Dompu nomor 130/SK/MD KAHMI DPU/IX/2023 oleh Sekretaris Arif Wahyudin, S. Pd. Selanjutnya pembacaan ikrar yang dipandu oleh Sekretaris Umum Majelis Daerah KAHMI Kabupaten Dompu, Suherman, S. Pd.

Susunan Pengurus MR KAHMI Kecamatan Kilo yang dilantik sebagai berikut :

Dewan Penasehat : Ramli, S. Ag Budiman, S. Pd 

Ketua Umum : Muh. Taufikurrahman, S. Pd 
Sekretaris Umum : Arif Wahyudin, S. Pd 
Bendahara Umum : Sukisman, S. Pd 

Bidang-bidang Bidang Organisasi dan Keanggotaan 

Ketua : Hendra, S. Pd 

Anggota : Sadam, S. Tp 
Abdarah, S. Pt 
Radiansyah 

Bidang Pendidikan, Ekonomi, Sosial, Budaya dan Hukum : 

Ketua : Agus Setiawan, S. Pd 
Anggota : Muhammad Arif, S. Pd Nanang Setiawan, ST 
Imam Wahyudi, S. Pd 

Bidang Pemberdayaan Umat 
Ketua : Abdul Puasa, S. Pd 
Anggota : Buyung Sukmo, S. Pd Ulumudin, S. Pd 
Beby Al Jabar, S. Pd 

Bidang Pemberdayaan Perempuan Ketua : Raf'ah, S. Pd 

Anggota : Ade Safitri, S. Pd Rosdiana, S. Pd 

Acara pelantikan Pengurus MR KAHMI Kecamatan Kilo masa bakti 2023-2028 ini dihadiri pula oleh mantan Ketua HMI Cabang Dompu, Wahyudin, S. Pd, Camat Kilo Dra. Nurnaimah, Kepala SMAN 2 Kilo, Amar Hadi, S. Pd dan beberapa tokoh muda perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP) lainnya.

Usai pelantikan Pengurus MR KAHMI Kecamatan Kilo tersebut dilanjutkan dengan Diskusi Kepemiluan bertajuk "Konsolidasi KAHMI dalam Mewujudkan Kepemimpinan Profetik".

Ketua Panitia, Agus Setiawan, S. Pd menjelaskan acara pelantikan dirangkaikan dengan Diskusi Kepemiluan dengan tema tersebut di atas dengan maksud agar lahir pemimpin teladan sebagaimana tipe kepemimpinan Rasulullah SAW.

"Karena kebetulan juga bahwa pelaksanaan kegiatan ini di bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW (Rabiul Awal,red). In sya'allah pemimpin yang akan dilantik ke depan adalah pemimpin yang meneladani kepemimpinan Rasulullah SAW.," ucapnya.

Agus menegaskan tujuan akhir terbentuknya KAHMI adalah terwujudnya tatanan kehidupan masyarakat yang diridhoi Allah SWT.
Keberadaan KAHMI di Rayon Kilo merupakan perpanjangan tangan dari KAHMI-KAHMI dari pusat dan daerah yang marwah dan khitah perjuangannya sampai pada pelosok daerah.



Ketua Umum MR KAHMI Kecamatan Kilo yang baru dilantik, Muh. Taufikurrahman, S. Pd dalam sambutan perdananya menyampaikan bahwa MR KAHMI yang baru dibentuk sebagai wadah berkumpul dan diskusi para alumni HMI yang ada di Kecamatan Kilo. Melalui wadah ini juga dapat digunakan sebagai wahana untuk mewujudkan dan melanjutkan perjuangan HMI. 

"Tujuan HMI adalah bertanggung jawab terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT," jelas Opick, sapaan tokoh muda Kilo tersebut.

Dikatakannya, guna mewujudkan tujuan di atas, KAHMI tidak bisa berjalan sendiri. Tetapi harus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder. Termasuk pula pemerintah dan masyarakat. Tidak terkecuali para tokoh yang pernah menjadi kader HMI semasa menempuh studi di perguruan tinggi dulu.

Hal itulah yang mendorong tercetusnya tema di atas dalam acara pelantikan dan diskusi kepemiluan tersebut. Konsolidasi KAHMI bermakna jalinan kebersamaan antar kader-kader HMI yang ada di wilayah Kecamatan Kilo. Karena ada ratusan alumni HMI yang belum bergabung dalam wadah KAHMI.

"Wadah Majelis Rayon KAHMI ini menjadi batu loncatan bagi kami untuk menghimpun teman-teman yang pernah menjadi alumni HMI," ucapnya.

Ditegaskan Opick, konsolidasi harus dilakukan dalam rangka terwujudnya kepemimpinan profetif sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW 

"Bagi kader HMI tidak ada model kepemimpinan yang paling ideal untuk menjadi rujukan kami selain Nabi Muhammad SAW," ulasnya sembari mengutip ayat Al-Qur'an Surah Al-Ahzab ayat 21 Laqad kaana lakum fii rasulillahi uswatun hasanah.

"Mudah-mudahan di KAHMI Rayon Kilo ini secara internal maupun eksternal lahir tokoh-tokoh desa, kecamatan, maupun kabupaten yang memiliki tipe kepemimpinan sebagaimana Rasulullah SAW," ujarnya.

Memungkasi sambutannya, Opick menegaskan bahwa KAHMI adalah organisasi besar yang anggotanya tersebar di mana-mana. Maka hendaknya tidak memanfaatkan KAHMI untuk membesarkan diri sendiri. Namun sebaliknya harus berbuat untuk tetap membesarkan KAHMI.

Camat Kilo, Dra. Nurnaimah menyampaikan ucapan selamat kepada Pengurus MR KAHMI Kecamatan Kilo yang baru saja dilantik.

"Kami mengucapkan terima kasih atas pelantikan Pengurus KAHMI Kecamatan Kilo dan terima kasih sudah mengundang kami hadir dalam acara pelantikan ini," ucapnya.

Camat menegaskan pula bahwa Pemerintah Kecamatan Kilo siap untuk berkolaborasi dengan KAHMI dalam rangka bersama membangun Kilo yang lebih baik. 

"Dalam teori pembangunan bahwa pembangunan tidak bisa sukses oleh elit birokrasi saja tetapi harus melibatkan elit politik, elit bisnis, elit cendekiawan dan elit agamais," paparnya.



Sekum MD KAHMI Kabupaten Dompu, Suherman, S. Pd dalam sambutannya menegaskan bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan pemimpin teladan yang paling berpengaruh di dunia. Model kepemimpinan Rasulullah bahkan diakui oleh tokoh non muslim. Seperti yang ditulis oleh seorang astrofisikawan yahudi Michael H. Hart tahun 1978 dalam bukunya The 100: A Ranking of the Most Influential People in History (100 Peringkat Orang Paling Berpengaruh dalam Sejarah). Michael menempatkan Nabi Muhammad SAW sebagai tokoh paling berpengaruh di urutan pertama.

"Nabi Muhammad ditempatkan sebagai orang paling berpengaruh di dunia. Ini penilaian yang objektif. Maka kita pun harus mengagumi dan meneladani kepemimpinan Rasulullah SAW," ajaknya.

Lebih lanjut tokoh energik yang pernah menjadi anggota Panswaslu Kabupaten Dompu periode 2009-2014 dan Komisioner KPU Kabupaten Dompu periode 2014-2019 ini menjelaskan bahwa salah satu hasil keputusan Musda MD KAHMI tahun 2021 adalah membentuk Majelis Rayon KAHMI di setiap kecamatan di Kabupaten Dompu.

"Alhamdulillah di Kilo yang pertama dan semoga segera terbentuk di kecamatan lain dalam rangka membangun silaturahmi sesama kader HMI," pungkasnya. (emo).