Babinsa Tanju Imbau Warga Binaan Sadar Hukum dan Patuhi Aturan

Kategori Berita

.

Babinsa Tanju Imbau Warga Binaan Sadar Hukum dan Patuhi Aturan

Koran lensa pos
Rabu, 26 Juli 2023


Kegiatan Komsos Babinsa Tanju, Sertu Rusman bersama Bhabinkamtibmas dengan warga binaan, Selasa (25/7/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Babinsa Desa Tanju Sertu Rusman berupaya menghimbau dan melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga binaannya agar sadar hukum juga mematuhi aturan yang berlaku sesuai peraturan daerah Kabupaten Dompu.


Pada kesempatan ini, Babinsa mengimbau warga binaanya yang sudah terlanjur tinggal di wilayah Areal Dam Tanju agar berpindah ke tempat lain. Mengingat pengerjaan pemagaran dan penghijauan di sekitar lokasi Dam Tanju, akan segera dilaksanakan. 

"Inilah imbau saya kepada warga yang rumahnya berlokasi di areal wilayah Dam Tanju," ujar Sertu Rusman. 

Pada kesempatan ini juga Babinsa tidak lupa mengingatkan warganya untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Selain itu, Ia juga mengajak warganya untuk bersama sama menjaga keamanan wilayah dan menciptakan kehidupan masyarakat yang aman dan tentram. "Ini juga yang saya ingatkan kepada warga," tandasnya.

Babinsa menambahkan,
Bendungan Tanju ini merupakan bendungan pertama yang ada di Kabupaten Dompu. Bendungan Tanju memiliki kapasitas tampung 18 juta m3. Dengan daya tampung sebesar itu, bendungan ini akan mampu mengairi irigasi lahan pertanian seluas 2.250 hektare sawah.

Bendungan Tanju mampu meningkatkan hasil produksi petani setempat. Memiliki letak geografis di kawasan tandus, semula petani Dompu hanya bisa panen satu kali dalam satu tahun. Namun, keberadaan bendungan ini dapat membantu mereka panen tiga kali dalam satu tahun.

Memiliki pemandangan yang indah. Begitu masuk ke lokasi ini, terlihat deretan bukit berjajar menggelilingi bendungan tersebut. 
Tulisan Bendungan Tanju pun bisa menjadi ikon baru karena ditulis di sebuah pondasi batu mirip punden berundak dan mampu menghasilkan air baku sebesar 50 liter per detik.

Fakta terakhir bendungan yang ada di Kecamatan Manggelewa tersebut bakal meningkatkan ekonomi masyarakat Dompu. Selain dari bertambahnya hasil produksi pertanian, Bendungan Tanju bisa menjadi sektor pariwisata dan perikanan, bahkan pengendali banjir.
(emo).