Beras Bantuan Bapanas Untuk 17.000 KPM di Dompu Tuntas Disalurkan Dalam 3 Tahap

Kategori Berita

.

Beras Bantuan Bapanas Untuk 17.000 KPM di Dompu Tuntas Disalurkan Dalam 3 Tahap

Koran lensa pos
Kamis, 22 Juni 2023

 

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani didampingi Kadis Ketahanan Pangan, Ilham menyerahkan bantuan beras CPP dari Bapanas kepada Keluarga Penerima Manfaat di Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu, Selasa (20/6/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Beras bantuan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk 17.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Dompu telah tuntas disalurkan dalam 3 (tiga) tahap.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu, Ilham kepada koranlensapos.com di kantornya kemarin.

"Total untuk Kabupaten Dompu 810 ton dengan jumlah KPM 17.000 KK," sebut mantan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu itu.


Pemantauan di tempat penggilingan dan pengemasan oleh DKP dan Dinsos Dompu untuk memastikan kualitas beras sebelum dilakukan pendistribusian ke desa-desa


Dikatakan Ilham, realisasi penyaluran berlangsung selama 3 (tiga) bulan yakni April, Mei dan Juni 2023.

"Datanya dikirim ke Bapanas bulan Maret. Alhamdulillah April sudah bisa dieksekusi sampai bulan Juni," ujar Ilham yang didampingi Sekretaris M. Makmun dan 3 Kabid (Armansyah,  Wahyuddin, Mauluddin) serta Kasubbag Program Muhdi Adnan.

"Terakhir kemarin untk bulan Juni sudah selesai. Bapak Bupati sendiri yang menyerahkan secara simbolis di Kecamatan Dompu.


Kegiatan penyaluran bantuan beras pangan CPP di Kelurahan Karijawa, Selasa (20/6/2023)


Ilham menyebut data KPM penerima bantuan beras berasal dari Dinas Sosial Kabupaten Dompu. Sebagian besar adalah KPM yang mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).


Lebih lanjut dikemukakan Ilham, beras bantuan dari Bapanas sebanyak 10 kg per KK per bulan itu berstandar medium. Hingga kini tidak didengar adanya keluhan masyarakat mengenai kualitas beras bantuan itu.

"Selama ini tidak ada keluhan masyarakat terkait kualitas beras bantuan ini karena kualitasnya medium. Cukup bagus," ujarnya.

Untuk memastikan kualitas beras, pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Sosial Kabupaten Dompu memantau langsung ke tempat penggilingan dan pengemasan beras. 

"Tugas kami di DKP melakukan pengawalan dan pengawasan untuk memastikan kualitas beras dan memastikan agar penyalurannya terlaksana dengan baik," ucapnya.


Kadis Ketahanan Pamgan Kabupaten Dompu, Ilham, SP saat melakukan pemantauan kualitas beras di gudang Bulog 


Kadis Ketahanan Pangan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bulog, mitra Bulog, transporter, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan semua pihak yang telah terlibat secara langsung maupun tidak langsung sehingga pendistribusian beras bantuan Bapanas ini telah berjalan dengan baik di seluruh desa dan kelurahan se Kabupaten Dompu.




Pemantauan kualitas beras oleh DKP dan Dinsos Dompu 

Selanjutnya Kadis berharap agar program ini dapat berkelanjutan mengingat besarnya nilai manfaat yang dirasakan oleh masyarakat kurang mampu.

"Harapan kami ada keberlanjutan karena manfaatnya untuk masyarakat," pungkasnya. (emo).