Upacara Hari Juang Kartika TNI-AD ke 78, Dandim 1614/Dompu Bacakan Amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman

Kategori Berita

.

Upacara Hari Juang Kartika TNI-AD ke 78, Dandim 1614/Dompu Bacakan Amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman

Koran lensa pos
Sabtu, 16 Desember 2023
Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Juang Kartika.TNI-AD ke 78 di Makodim 1614/Dompu, Jumat (15/12/2023)

Dompu, koranlensapos.com - Upacara Peringatan Hari Juang Kartika TNI Angkatan Darat ke 78 yang berlangsung di Lapangan Makodim 1614/Dompu, Jumat pagi (15/12/2023) mulai pukul 08.00 Wita berlangsung dengan khidmat. Peringatan Hari Juang Kartika TNI-AD ke 78 tahun 2023 ini bertema "TNI-AD Bersama Rakyat, Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI".


Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan kodim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati S.T.M.M. Komandan Upacara Lettu Inf. Hamzah (Danramil 05/Pekat). Sedangkan Perwira Upacara Kapten CZi Arif Budimansyah.
Adapun Pembaca Sapta Marga Serka Bustam.

Pada momen tersebut, Irup membacakan amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasadku ini, tetapi jiwaku yang di lindungi benteng merah putih akan tetap hidup, tetap menuntut bela siapapun lawan yang kuhadapi.

Tentara bukan merupakan suatu golongan di luar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat, tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagan masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu.

Tentara hanya mempunyai kewajiban satu ialah mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keselamatannya.

Sudah cukup kalau tentara teguh memegang kewajiban ini, lagi pula sebagai tentara, disiplin harus dipegang teguh, tunduk kepada pimpinan atasannya, dengan ikhlas mengerjakan kewajibannya, tunduk kepada perintah pimpinannya, inilah yang merupakan kekuatan dari suatu tentara.

Kamu sekalian telah bersumpah bersama- sama dengan rakyat seluruhnya akan mempertahankan kedaulatan negara republik kita dengan segenap harta benda dan jiwa raganya.

Jangan sekali-kali diantara tentara kita ada yang menyalahi janji, menjadi pengkhianat nusa bangsa dan agama. Harus kamu senantiasa ingat bahwa tiap-tiap perjuangan tentu memakan korban, tetapi kamu sekalian telah bersumpah ikhlas mati sebagai kesuma bangsa.

Dalam menghadapi keadaan yang bagaimana pun juga, tetap jangan lengah, karena kelengahan menyebabkan kelemahan, kelemahan menyebabkan kekalahan dan kekalahan menyebabkan penderitaan. 


Meskipun kamu mendapat latihan jasmani yang sehebat- hebatnya tidak akan berguna, jika kamu mempunyai sifat menyerah. Tentara akan timbul dan tenggelam bersama-sama Negara.

Anak-anakku Tentara Indonesia, kamu bukanlah Serdadu sewaan, tetapi Prajurit yang berideologi yang sanggup berjuang dan menempuh maut untuk Keluhuran Tanah Airku. percayalah dan yakinlah, bahwa kemerdekaan suatu Negara yang didirikan diatas himpunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari Rakyat dan Bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh siapapun juga. Berjuang terus, Tuhan Insyaallah akan melindungi perjuangan suci kita.

Janji sudah kita dengungkan, tekad sudah kita tanamkan, semua ini tidak akan bermanfaat bagi Tanah Air kita, apabila janji dan tekad ini tidak kita amalkan dengan amalan yang nyata.

Dalam perhatiannya Irup Menambahkan penekanannya
agar kita semua dapat mengenang selalu perjuangan Panglima Besar kita Jenderal Soedirman, dengan Taktik Gerilya nya dalam peristiwa (Pertempuran Palagan Ambarawa) tanggal 15 Desember 1945 silam, hingga kemenangan dapat ia peroleh, 

"Peristiwa bersejarah inilah yang kini dijadikan Momentum dalam Perayaan Hari Juang TNI AD ke 78 tahun 2023," jelas Dandim.

Dilanjutkan Dandim, Perayaan Hari Juang TNI-AD ke 78 tahun 2023 kali ini mengusung tema "TNI-AD Bersama Rakyat, Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI". Kalimat tersebut merupakan  Perwujudan dari Sejarah panjang dalam perjuangan Para Pahlawan kita terdahulu,
dan kita selaku generasi penerus berkewajiban untuk mengisi Kemerdekaan ini dengan membangun Bangsa dan Negara agar lebih maju dan mampu bersaing dengan Negara lain.

"TNI harus selalu ada di tengah-tengah Rakyat, Karena Kita TNI ini adalah Dari Rakyat, Oleh Rakyat dan Untuk Rakyat.
Kegiatan ini rutin kita selenggarakan di setiap tahun, guna mengenang sejarah dan perjuangan para Pahlawan pendahulu pendiri Bangsa.
Dirgahayu TNI-AD ke 78 Tahun 2023, Semoga Semakin Maju dan Jaya Bersama Rakyat.
(Pendim1614).