Seribuan Peserta Ramaikan Jalan Santai Kerukunan Sambut HAB Kemenag ke 78 di Kabupaten Dompu

Kategori Berita

.

Seribuan Peserta Ramaikan Jalan Santai Kerukunan Sambut HAB Kemenag ke 78 di Kabupaten Dompu

Koran lensa pos
Sabtu, 23 Desember 2023

Jalan Santai Kerukunan di Kabupaten Dompu Menyambut HAB Kementerian Agama ke 78, Jumat (22/12/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Sekitar seribu peserta meramaikan kegiatan Jalan Santai Kerukunan yang digelar Kementerian Agama Kabupaten Dompu dalam menyambut Hari Amal Bakti (HAB) ke 78 tahun 2024 pada Jumat pagi (22/12/2023).

Peserta jalan santai terdiri dari berbagai elemen. Mulai dari satuan kerja dan unit kerja Kementerian Agama Kabupaten Dompu, KUA, Pengadilan Agama, Pengurus MUI, FKUB, perwakilan Ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, LDII, dan lain-lain, PHDI, PGID, Penyuluh Agana, para guru dan siswa madrasah serta masyarakat umum. Terlihat hadir pula Kepala BKD dan PSDM, Arif Munandar, M. Si,  Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Dompu Samsul Bahri, S.H.I., M.H, Kepala UPTD Puskesmas Dompu Barat, Mujakir, S. KM serta lain-lainnya.

Pembukaan Jalan Santai Kerukunan oleh Kakan Kemenag Dompu H. Syamsul H. Ilyas


Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, M. Si menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang hadir menyemarakkan kegiatan jalan santai kerukunan tersebut. Apalagi peserta jalan santai bukan hanya keluarga besar Kemenag Kabupaten Dompu, namun juga dari instansi lain


"Hari ini atas nama keluarga besar Kementerian Agama kami merasa bersyukur dan berbahagia. Merupakan kehormatan bagi kami ketika hadir OPD dan instansi lain serta Forkopimda yang bergabung," ucapnya.


Kakan Kemenag menyampaikan.
Kementerian Agama kini sudah memasuki usia 78 tahun. Di HAB ke 78 ini, tema yang diangkat
"Indonesia Hebat Bersama Umat".

"Kementerian Agama bukan milik suatu kelompok. Tetapi milik kita bersama mari kita terus merawat nilai-nilai kebersamaan yang ada," ajaknya.

H. Syamsul menekankan agar kerukunan dan kebersamaan dalam persatuan dan kesatuan itu harus terus dirawat dengan baik di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Apalagi menjelang Pemilu 2024 ini kerukunan dan kebersamaan harus lebih ditingkatkan lagi. Perbedaan pilihan politik bukan alasan untuk tidak bersama.

Dikatakannya jalan santai kerukunan ini menunjukkan bahwa masyarakat Dompu selalu rukun dan menyaudara laksana sebuah ikatan keluarga.

"Perbedaan itu indah. Perbedaan-perbedaan yang ada bukan menjadi pemecah belah, namun justru menjadi perekat yang saling menguatkan," ujarnya seraya melepas secara resmi kegiatan tersebut dengan membaca Basmalah.

Peserta Jalan Santai Kerukunan star dari depan halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu menuju ke arah perempatan Dikes, terus ke arah barat lalu belok kiri tembus ke pertigaan Masjid Raya Baiturrahman lalu belok kiri menuju ke arah Pasar Dompu dan berakhir finis di Kantor Kemenag.

Para peserta juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis dari Kimia Farma.

Usai jalan santai, masih ada kegiatan lomba tarik tambang di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu. Kakan Kemenag dan para pejabat lingkup Kemenag, KUA, Penyuluh pun ambil bagian dalam kegiatan ini. (emo).