Pengurus FKUB Kabupaten Dompu Bahas Program Kegiatan 2023

Kategori Berita

.

Pengurus FKUB Kabupaten Dompu Bahas Program Kegiatan 2023

Koran lensa pos
Sabtu, 13 Mei 2023

 

Pembahasan program FKUB Kabupaten Dompu tahun 2023



Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Sabtu (13/5/2023) berlangsung pertemuan internal para Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Dompu. Pertemuan itu untuk membahas program kegiatan FKUB Kabupaten Dompu tahun 2023. 

Ketua FKUB Kabupaten Dompu, Muhammad Alimuddin menyampaikan kembali beberapa progam yang telah disepakati pada akhir 2022 lalu untuk dilaksanakan pada tahun 2023 ini. Di antaranya Safari Kerukunan Umat Beragama, Bakti Sosial Lintas Agama dengan lokus kegiatan pembersihan rumah ibadah, Wisata Kerukunan dan Penghijauan, serta Silaturahmi Lintas Agama.


Selaras dengan program kegiatan untuk meningkatkan kerukunan antar umat beragama tersebut di atas, Alimuddin mengemukakan pula bahwa Seksi Bimas Islam Kementerian Agama tahun 2023 ini  memiliki program Launching Kampung Moderasi Beragama.

"FKUB juga supaya mengambil bagian dalam pencanangan Kampung Moderasi beragama tersebut," ujarnya.


Wakil Ketua FKUB, H. Muh. Ihsan mengemukakan bahwa tahun 2023 ini adalah tahun politik. FKUB harus menjadi garda terdepan di dalam menjaga kondusivitas daerah agar tetap aman, damai, dan sejuk. 

Ihsan mengusulkan agar di tahun 2023 ini juga dilaksanakan launching Kelurahan/Desa Kerukunan seperti yang telah dilaksanakan di Kelurahan Dorotangga tahun 2022 lalu.

"Launching Kelurahan/Desa Kerukunan perlu dilaksanakan di desa lain juga," ujarnya.

H. Mokh. Nasuhi juga menjelaskan tahun 2023 ini sudah memasuki tahapan Pemilu 2024.  Untuk itu FKUB Kabupaten Dompu supaya berpartisipasi dalam menjaga iklim kehidupan beragama agar tetap sejuk.

"Bagaimana upaya kita untuk mendinginkan suasana. Termasuk peran MUI juga seperti itu," kata tokoh agama yang juga merupakan Ketua MUI Kabupaten Dompu itu.

Usulan yang senada juga disampaikan oleh I Dewa Nyoman Alit. 

Di penghujung acara, Ketua FKUB menginformasikan dalam waktu dekat ini akan melakukan sowan dengan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani. (Emo).