Kodim 1614/Dompu Beserta Jajaran Sukses Tanam Mangrove di Pantai Soro Timur

Kategori Berita

.

Kodim 1614/Dompu Beserta Jajaran Sukses Tanam Mangrove di Pantai Soro Timur

Koran lensa pos
Minggu, 14 Mei 2023

 

Kegiatan penanaman mangrove di Pantai Soro Timur 



Dompu, koranlensapos.com -  Berlokasi di Sepanjang Pesisir Pantai Desa Soro Timur Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu, Kodim 1614/Dompu
sukses melaksanakan Program Rehabilitasi Hutan Mangrove bersama instansi terkait. 


Sebanyak 550 bibit pohon mangrove berhasil ditanam dalam kegiatan tersebut. Kodim 1614/Dompu melaksanakan kegiatan itu bekerja sama dengan Muspika Kecamatan Kempo, Polsek Kempo, Dinas (DKP) Perikanan dan Kelautan serta perwakilan dari tokoh warga masyarakat Desa Soro. Kegiatan  dipimpin oleh Dandim 1614/Dompu yang diwakili oleh Kasdim 1614/Dompu Mayor Inf A Haris, SH., MH.


Hadir dalam kegiatan tersebut 
Danramil 1614-01/Dompu Kapten Kav M Kasim, Pasilog Kapten Inf Ibrahim.
Danramil 1614-02/Kempo Kapten Inf M Safi'i, Pasiter Kapten Inf M Yamin.
Pasiopsdim Kapten Inf Mahdin.
Pasi Inteldim Kapten Inf Adisan, Danramil 1614-06/Manggelewa Lettu Inf Syaefudin, Kapolsek Kempo Ipda Ahmad Marjuki, Camat Kempo Drs Budi Rahman, Kades Timur Julkarnaen, serta perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu Jainudin, S. Sos.


Dikatakan Kasdim, kegiatan ini sebagai bentuk nyata kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan di sekitar kita yang memiliki beberapa manfaat. Untuk mencegah abrasi pantai di laut, penyerapan karbondioksida, menjaga kualitas air dan udara sebagai habitat ikan dan biota laut lain, termasuk mereduksi gelombang di pantai.

"Penanaman  memberikan dampak ekonomi yang luas dan menjadi sumber pendapatan bagi warga masyarakat nelayan di sekitar pantai," jelasnya.

Kasdim menjelaskan penanaman mamgrove dilakukan untuk mengembalikan fungsi kawasan hutan mangrove yang selama ini terus berkurang dan bahkan hilang guna merehabilitasi ekosistem pesisir Desa Soro.

Dalam penanaman pohon mangrove ini melibatkan sejumlah kelompok warga Masyarakat sekitar Desa Soro timur yang peduli terhadap kelestarian ekosistem mangrove.


Kegiatan seperti ini merupakan salah satu bentuk nyata kepedulian TNI-AD lebih khususnya Jajaran Korem 162/WB dalam menjaga kelestarian ekosistem terhadap hutan mangrove yang menjadi sumberdaya perikanan yang dapat dimanfaatkan bagi kepentingan warga masyarakat Kabupaten Dompu.


"Kegiatan program ini harus rutin kita selenggarakan," kata Kasdim seraya berharap agar melaksanakan kegiatan mulia ini dengan tulus dan ikhlas.

"Tetap prioritaskan faktor keamanan. Kami berharap kepada warga masyarakat di sekitar pantai agar tanaman mangrove ini sama-sama dijaga dengan baik dan harus peduli supaya berkesinambunga," pungkasnya. (Pendim1614).