UMKM Industri Kreatif Kabupaten Dompu Mendunia di Event WSBK Mandalika 2023

Kategori Berita

.

UMKM Industri Kreatif Kabupaten Dompu Mendunia di Event WSBK Mandalika 2023

Koran lensa pos
Minggu, 05 Maret 2023

 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu bersama Tim dari PT. STM di WSBK 2023


Mandalika, koranlensapos.com - Dompu merupakan salah satu daerah kecil Indonesia yang terus menununjukkan peningkatan dan kemajuan cukup signifikan di berbagai sektor. 


Hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan beberapa sektor seperti sektor pariwisata dan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) industri kreatif.


Pemerintah kabupaten Dompu melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu terus gencar memperkenalkan berbagai produk UMKM industri Pengolahan Pangan dan Kerajinan binaan di berbagai kegiatan dan kesempatan. Salah satunya di event World Super Bike (WSBK) yang diselenggarakan di Mandalika Internasional Street Circuit, Lombok Nusa Tenggara Barat untuk ketiga kalinya pada pada tanggal 3 hingga 6 Maret 2023. 

Event World Super Bike (WSBK) bukan hanya sekadar ajang balap motor biasa, akan tetapi juga sebagai bentuk gebrakan baru untuk meningkatkan pertumbuhan berbagia sektor terutama sektor pariwisata dan industri kreatif daerah di Nusa Tenggara Barat termasuk Kabupaten Dompu. 


Hingga event World Super Bike (WSBK) Tahun 2023, berbagai produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) industri kreatif binaan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu di pamerkan. 


Uniknya, melalui event World Super Bike (WSBK) ini, Produk UMKM industri kreatif Kabupaten Dompu tidak hanya dikenal oleh masyarakat lokal tapi juga dikenal luas oleh masyarakat mancanegara. 

"Ini menjadi langkah awal produk UMKM Industri Pengolahan Pangan dan Kerajinan  Kabupaten Dompu dikenal Dunia," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu, Hj. Daryati Kustilawati, SE., M. Si.



Kadis Hj. Daryati Kustilawati, SE.,M.Si memboyong beberapa pelaku UMKM Industri Pengolahan Pangan dan Kerajinan binaan. Salah satunya PT. Sumbawa Timur Mining (STM) untuk ikut serta memamerkan hasil produksi UMKM. 

Beberapa produk PT. STM yang dipamerkan di event World Super Bike (WSBK) Tahun 2023 adalah bebagai jenis makanan ringan seperti Brownies, kripik menepela, kripik pisang, kacang asin, dan beragam olahan abon berbahan dasar ikan. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu bersama Bapak Gubernur NTB memperkenalkan Produk UMKM Industri Pengolahan Pangan Kabupaten Dompu pada event WSBK 2023


Tidak ketinggalan salah satu produk unggulan UMKM industri kreatif Kabupaten Dompu lainnya adalah Muna Pa’a yang juga ikut serta dipamerkan. 


Dalam kesempatan berharga tersebut kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu mengajak Serta Gubernur Nusa Tenggara Barat, Bapak Dr. H. Zulkieflimansyah, SE.,M.Sc untuk mengenakan pakaian berbahan dasar kaen Muna Pa’a hasil produksi UMKM Industri Kerajinan Kabupaten Dompu.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu bersama Bapak Gubernur NTB mengenakan produk UMKM Industri Kerajinan Muna Pa’a Dompu di event WSBK 2023

Melalui event World Super Bike (WSBK) Tahun 2023, UMKM Industri kreatif Kebupaten Dompu ingin menunjukkan komitmennya  untuk turut serta berkontribusi meningkatkan kualitas produk dan layanan UMKM yang lebih baik sehingga pada akhirnya dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi lokal dan nasional. 
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Dompu berharap ke depannya produk UMKM Industri Pengolahan Pangan dan Kerajinan Kabupaten  Dompu dapat dikenal, berkembang dan bersaing dengan berbagai produk lokal dan Dunia lainnya. 

Keikutsertaan UMKM industri kreatif Kabupaten Dompu memamerkan produk UMKM juga diharapkan menjadi Inspirasi untuk banyak pihak sehingga UMKM Industri Kreatf dapat berkembang lebih signifikan dan menjadi salah satu pilar penting terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi," ujarnya. 

Dikatakan Daryati, 

Bupati Dompu setiap saat sangat mendorong majunya usaha masyarakat Kabupaten Dompu yang didukung oleh seluruh unsur penyelenggara pemerintahan dan tokoh masyarakat serta para stakeholder yabg berada di wilayah Kabupaten Dompu maupun di luar Kabupaten Dompu. (emo).