Kuota Haji Dompu 2023 Sebanyak 204 Orang, Porsi Terakhir Pendaftar 8 November 2011

Kategori Berita

.

Kuota Haji Dompu 2023 Sebanyak 204 Orang, Porsi Terakhir Pendaftar 8 November 2011

Koran lensa pos
Minggu, 26 Maret 2023

 

Kasi PHU Kemenag Kabupaten Dompu, Drs. H. A. Gani H. Malik



Dompu, koranlensapos - Kuota haji bagi daerah-daerah di seluruh Indonesia telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Republik Indonesia.

"Untuk Kabupaten Dompu mendapatkan kuota 204 orang pada tahun 2023 ini," ungkap Kepala Kementerian Agama Kabupaten Dompu melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Drs. H. A. Gani H. Malik.

Dijelaskan H. A. Gani bahwa penetapan kuota haji ini berdasarkan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) yang dilakukan oleh Ditjen PHU Kemenag RI.

"Penetapan kuota haji ini bukan oleh kabupaten atau provinsi tetapi dari SISKOHAT Pusat," ucap pejabat yang familiar disapa Aji Geno ini.

Ia menyebut nomor porsi terakhir yang tercantum namanya dalam kuota haji Kabupaten Dompu tahun 2023 ini adalah pendaftar pada tanggal 8 November 2011.

"Yang berangkat tahun ini yang terakhir yaitu yang mendaftar pada tanggal 8 November 2011," sebutnya.


Kasi PHU menambahkan kuota 204 jamaah haji Dompu terdiri dari haji tunda dan porsi 173 orang, lansia 30 orang dan cadangan satu orang. .

Penetapan kuota jamaah haji tersebut kata H. Gani, sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag. RI Nomor 21001/DJ/Dt.II.II/HJ.03/2023 tentang Penetapan Jemaah Haji Reguler Berhak Konfirmasi Pelunasan dan Pembayaran Pelunasan Tahun 1444 H/2023 M.


Jemaah haji berhak lunas ini tambahnya berasal dari jemaah tunda 2020, 2022 dan urutan nomor porsi yang daftar sampai dengan tanggal 8 Nopember 2011. 

"Tetapi jadwal pelunasan BIPIH masih menunggu KEPRES (Keputusan Presiden)," ucapnya.


Namun demikian, Kasi PHU menerangkan tentang berapa besaran uang yang harus jemaah setor dan lunaskan untuk tahun ini. Kasi PHU  menjelaskan, sebesar 23,5 juta rupiah bagi jemaah haji 2023 porsi baru dan jemaah haji yang telah mengambil kembali pelunasanya. 

“Tidak ada penambahan bagi jemaah haji tunda yang telah melakukan konfirmasi pada tahun 2022,” ujarnya sebagaimana dikutip dari insanchannel.com


Lebih lanjut Kasi PHU Dompu menyampaikan harapan kepada Jemaah haji dan masyarakat untuk tidak cepat terprovokasi oleh berita-berita yang tidak jelas sumbernya. 

“Maka segala informasi haji dan umrah sebaiknya konsultasi dengan pihak Kementerian Agama dalam hal ini Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah,” pungkasnya. (emo).