Kasdim 1614/Dompu Bacakan Amanat Pangdam IX/Udayana Pada Upacara Bendera Tujuh Belasan

Kategori Berita

.

Kasdim 1614/Dompu Bacakan Amanat Pangdam IX/Udayana Pada Upacara Bendera Tujuh Belasan

Koran lensa pos
Sabtu, 18 Maret 2023

 

Pelaksanaan Upacara 17 Maret 2023 di Lapangan Makodim 1614/Dompu



Dompu, koranlensapos.com - Kodim 1614/Dompu melaksanakan
Upacara Bendera Merah Putih tujuh belasan, Jumat (17/3/2023). Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Makodim 1614/Dompu itu dipimpin oleh Kasdim 1614/Dompu, Mayor Inf. Abdul Haris, SH., MH selaku Inspektur Upacara.


Sedangkan Perwira Upacara Kapten Inf M. Yamin dan Komandan Upacara  Lettu Inf Syaefudin.

Dalam amanatnya, Kasdim membacakan amanat Pangdam IX/Udayana. 

"Perlu saya sampaikan, bulan maret ini merupakan akhir triwulan I program kerja dan anggaran Tahun 2023. Berkaitan hal tersebut, saya menginstruksikan kepada para Dan/Ka Satker di jajaran Kodam IX/Udayana agar secepatnya menyelesaikan program kerja dan anggaran yang telah dilaksanakan pada triwulan I, sekaligus membuat laporan agar tidak menghambat pelaksanaan program kerja pada triwulan berikutnya," pesan Pangdam.


Dilanjutkan Pangdam, tahun 2024 mendatang bangsa Indonesia akan melaksanakan pemilu serentak, di mana pentahapannya sudah dimulai sejak tahun 2023. Sehubungan hal tersebut, saya menegaskan kembali bahwa komitmen TNI, Pilkada sudah jelas yaitu bersikap netral, sbagaiman yang diamanatkan dalam UU RI nomor 34 tahun 2024 tentang TNI bersikap netral.


"Media sosil merupakan salah satu bagian penting bagi partai politik untuk memberikan informasi ke publik. Menghadapi hal itu, saya menghimbau kepada seluruh anggota bijak dalam bermedia sosial, jangan mudah percaya terhadap berita bohong (hoax) yang belum tentu kebenarannya.
Optimalkan jam Komandan guna meminimalisir terjadinya pelanggaran di satuan,dan laporkan apabila ditemukan hal menonjol kepada Pimpinan pada kesempatan pertama," pintanya.

Selanjutnya pada awal bulan Mei kita kembali akan menghadapi even Internasional yaitu Asean Summit yang berlangsung di Labuan Bajo Kab Manggarai.

"Mengenai latihan yang dilaksanakan di satuan, salah satunya latihan Jasmani harus dilaksanakan secara terukur dan berkesinambungan. Dan saya ingatkan kembali untuk penerimaan prajurit TNI Kodan IX/Udayana semua gratis.
Hindari pelanggaran hukum seperti percaloan," tandasnya.


Pangdam menekankan bagi putra putri Anggota yang akan mengikuti seleksi penerimaan prajurit agar memperhatikan betul kondisi kesehatan dan fisiknya sehingga hasil yang diraih sesuai harapan.


"Sehubungan dengan adanya efisiensi anggaran yang signifikan,tentu berdampak pada progja dan dukungan materil dari Komando atas. Untuk itu para Dan/Ka satker agar memanfaatkan anggaran dan materil yang ada di satuan serta laksanakan penyerapan anggaran sesuai dengan RPD (Rencana Penarikan Dana) sehingga tupoksi tetap tercapai," jelas Pangdam.


Dilanjutkan Pangdam, dalam rangka membantu program pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, perlu adanya Optimalisasi peran Satkowil dan Apkowil jajaran Kodam IX/Udayana.
Implementasi doktrin teritorial guna mendukung tugas pokok Kodam IX/Udayana berdasarkan keputusan Kasad nomor kep/1106/XII/2022 tanggal 9 Desember 2022.. Implementasikan pembinaan komponen cadangan dan komponen pendukung sebagaimana diatur dalam UU No 23 tahun 2019 tentang pengelolaan sumberdata nasional untuk pertahanan Negara, Kodam IX/Udayana terlibat dalam pembentukan dan pembinaan Komcad dimana pada Ta 2023 direncanakan akan direkrut sebanyak 500 personel. Latihan dasar Militer akan dibuka pada tanggal 8 mei dilanjutkan pengangkatan/penyumpahan yang dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2023 di Rindam IX/Udayana.

Pangdam menginformasikan tahun ini Kodam IX/Udayana memfokuskan program bidang Teritorial berupa miniatur program unggulan TNI AD yaitu Praja Raksaka Peduli Rakyat direncanakan di Desa Sumlili Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang NTT

Upacara bendera tanggal 17 setiap bulan dilaksanakan, sekaligus sarana komandan kodim untuk mengevaluasi kegiatan setiap bulan karena seluruh anggota hadir semua. Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh satuan selama satu bulan ke depan harus diketahui dan dilaksanakan oleh seluruh anggota Kodim 1614/Dompu. (Pendim)