Trik Lulus CASN, PNS Maupun PPPK

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Trik Lulus CASN, PNS Maupun PPPK

Koran lensa pos
Minggu, 01 Januari 2023

 

     Firmansyah, S.Psi., M.MKes*


Profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) baik sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) masih menjadi profesi yang didambakan oleh sebagian besar warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Hal tersebut ditandai dengan terus membludaknya warga Indonesia yang mengadu nasib untuk dapat menggeluti profesi ASN ketika pemerintah baik pusat, provinsi maupun Kabupaten / Kota membuka formasi atau lowongan kerja ASN. 

Pembukaan pendaftaran seleksi setiap tahunnya tidak pernah sepi dari para peminat guna mendaftarkan diri dan berharap dapat diterima sebagai abdi negara dan abdi masyarakat tersebut. 

Guna dapat lolos dalam kegiatan seleksi ASN yang dibuka pemerintah para peminat pun jauh-jauh hari mempersiapkan diri baik fisik maupun mental. Dengan persiapan tersebut para peminat berharap bisa lolos dan kemudian bekerja sebagai ASN. 

Mengapa profesi ASN sangat diminati sehingga tidak pernah sepi dari peminatnya bahkan peminatnya selalu membludak setiap tahunnya. Ada beberapa alasan yang mendorong masyarakat berminat menggeluti profesi sebagai ASN. 

Hasil survey yang dikutip dari laman https://m.jppn.com Minggu (01/01/23) menyebut ada tiga hal sebagai pemicu atau pendorong anggota masyarakat ingin menjadi ASN. 

Adapun ketiga hasil survey tersebut adalah Pertama Ingin berkontribusi terhadap negara seperti memperbaiki pelayanan masyarakat, Kedua Profesi ASN memiliki beban kerja yang rendah dan Ketiga mengharap gaji sebagai ASN. 

Berikutnya dikutip dari laman https://finance.detik.com diperoleh keterangan ada lima hal penting yang menjadi pemicu anggota masyarakat ingin berprofesi sebagai ASN. Adapun alasan tersebut adalah; 

1. Punya Gaji Tetap 

Sebagai seorang abdi negara, profesi PNS mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Gaji tersebut bisa semakin naik, tergantung dari masa dan jabatan yang diemban. 

2. Dapat Banyak Tunjangan 

Selain mendapatkan gaji pokok setiap bulan ASN juga mendapatkan berbagai tunjangan seperti; Tunjangan Kinerja, Tunjangan Suami/Istri, Tunjangan Anak,Tunjangan Makan, Tunjangan Jabatan dan Tunjangan Umum. 

4. Memiliki jam kerja yang teratur 

Mendapat gaji dan tunjangan yang besar, jauh dari ancaman PHK, dan memiliki jam kerja yang teratur membuat kehidupan PNS semakin banyak diminati oleh para mertua. 

5. Mendapatkan pensiunan 

PNS tentu tidak akan khawatir di masa tua akan kekurangan. Pasalnya, PNS yang telah purnabakti akan mendapatkan pesangon yang akan diterima setiap bulan. 

Bagaimana Agar Dapat Lolos menjadi ASN? 

Untuk dapat lolos dan kemudian menggeluti profesi ASN bukanlah perkara yang mudah, seseorang harus bersaing atau berkompetisi dengan ribuan peserta yang dalam hal ini mereka juga sangat ingin untuk menjadi ASN. 

Untuk bisa lolos menjalani profesi ASN seseorang akan mengikuti CASN. Seseorang yang lolos dalam CASN ini dan masuk dalam kriteria yang telah ditentukan dengan pasti akan diangkat sebagai seorang ASN. 

Dikutip dari laman https://www.updatecpns.com diperoleh gambaran adanya trik untuk lolos dalam CASN. Adapun trik dimaksud adalah sebagai berikut; 

1. Baca pengumuman dengan teliti 

Sebelum melakukan registrasi online, peserta harus membaca pengumuman dengan teliti. Baca syarat-syarat yang diminta oleh instansi, persiapkan dokumen sesuai dengan permintaan instansi. 

2. Belajar dan banyak membaca contoh soal 

Saat mempersiapkan tes CPNS, banyak belajar dan membaca contoh-contoh soal tes CPNS. Harus banyak membaca, belajar latihan contoh-contoh soal tes CPNS tahun-tahun sebelumnya. 

3. Ikut Try Out CPNS 

Selain latihan secara mandiri, dianjurkan mengikuti latihan soal atau try out. Hal ini sangat membatu dalam menaklukkan soal-soal tes CPNS. 

4. Manajemen waktu 

Pada saat tes ditekankan pentingnya manajemen waktu dalam pengerjaan soal-soal. Manajemen waktu sangat penting, untuk itu peserta harus cermat dalam membagi waktu. 

5. Jangan berlama-lama pada satu soal 

Saat mengerjakan soal peserta tak hanya dituntut untuk tepat dalam menjawab, melainkan juga dituntut untuk cepat dalam menjawabnya. Jngan berlama-lama atau terpaku pada satu soal. 

6. Menjawab semua soal yang ada 

Soal tes CPNS itu sangat bervariasi dan banyak, diupayakan untuk dijawab semuanya dengan memulai pada soal yang lebih mudah terdahulu. 

7. Berdoa 

Berdoa dan memohon kelulusan dari Allah SWT juga memiliki peran penting dalam kelulusan. Tetap berusaha maksimal namun hasil akhir itu semua Allah yang menentukan. Jangan lupa untuk selalu berdoa. 

Demikian, mudah-mudahan ada manfaatnya terutama kepada para peserta test seleksi CPNS sehingga dapat menghantarkan mereka meraih impiannya menjadi ASN. 

*Penulis Konsultan Psikologi pada Lembaga Konsultasi dan Bimbingan Psikologi "Buah Hati" juga sebagai Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Setda Dompu dan Anggota Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Dompu.