PPDI Kabupaten Dompu Gelar Musda

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

PPDI Kabupaten Dompu Gelar Musda

Koran lensa pos
Kamis, 01 Desember 2022

 

Pembukaan MUSDA PPDI Kabupaten Dompu di Gedung Samakai, Kamis (1/12/2022)


Dompu, koranlensapos.com - Persatuan Perangkat Desa Indonesia.(PPDI) Kabupaten.Dompu menggelar Musyawarah Daerah. Kegiatan dimaksud dilaksanakan di Gedung Samakai Dompu pada hari Kamis (1/12/2022). Tema yang diangkat adalah "Kita Ciptakan PPDI Sebagai Organisasi yang Profesional, Mandiri dan Bermartabat serta Mengedepankan Asas Kekeluargaan

 Ketua Panitia, Muhammad Amin menyampaikan bahwa Musda PPDI ini merupakan momentum menyatukan presepsi dan arah Organisasi PPDI dalam menerjemahkan tugas pokok dalam membantu kepala desa sebagai Kuasa Pengguna Anggaran di Desa serta menjadikan wadah yang solid, kongkrit serta berkekeluargaan. 

"Organisasi PPDi ini juga akan menjadi pilar strategis dalam mewujudkan Dompu yang Mashur dengan Program Jara Pasaka (Jagung Porang Padi Sapi dan Ikan)," jelasnya.

Sekretaris Desa Nowa ini menyebutkan bahwa jumlah keanggotaan PPDI sekitar 750 orang.yang tersebar di 72 desa se Kabupaten Dompu.

MUSDA PPDI Kabupaten Dompu periode 2022-2027 ini dibuka oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan. Hadir pula Asisten Aministrasi dan Pemerintahan Setda Dompu H. Burhan,, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa H. Moh. Syaiun,  Ketua Forum Kepala Desa Supardin, Ketua Forum Badan Permusyawaratan Desa Kabupaten Dompu, Adiansyah, serta para perangkat desa se Kabupaten Dompu dari 8 (delapan) kecamatan.

Dalam arahannya, Wabup menyampaikan bahwa PPDI dibentuk untuk membantu tugas-tugas Kepala Desa di dalam melaksanakan berbagai program membangun desa.

"Keberadaan forum perangkat desa ini sejatinya adalah untuk membantu kepala desa, jangan sampai menjadi sebaliknya," tandasnya.

Kepada DPMPD, H. Moh. Syaiun menyampaikan bahwa Kepala Desa, Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan tiga pilar di desa yang tidak bisa dipisahkan satu sama.lain. Maka diharapkan ketiga pilar dimaksud untuk selalu saling berkoordinasi dan bersinergi. 

"Sinergi yang baik dan solid dari tiga pilar ini sangat menentukan arah mau dibawa ke mana desa kita. Kebersamaan ketiga pilar ini akan indah," ujarnya.


Pada kesempatan itu dilaksanakan pemilihan Ketua PPDI Kabupaten Dompu Periode 2022-2027. 
 Ketua Tim Formatur, Alimin menyampaikan bahwa pemilihan dilakukan secara aklamasi. 
"Berdasarkan musyawarah dengan seluruh kecamatan tidak ada yang mencalonkan diri dan mengusulkan Muhammad Amin, Sekretaris Desa Nowa sebagai Ketua PPDI Kabupaten Dompu. Maka kami Tim Formatur menetapkan Muhammad Amin, S. Sos sebagai Ketua PPDI Kabupaten Dompu periode 2022-2027," kata Sekretaris Desa Matua itu.

Sementara itu, Ketua PPDI Periode 2017-2022, Sudirman menyampaikan ucapan selamat kepada Muhammad Amin yang telah dipercaya sebagai Ketua PPDI Periode 2022-2027. 

"Semoga Ketua yang baru dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan bisa merangkul semua perangkat desa dari seluruh kecamatan," pungkasnya. (emo).