KPU Dompu Terima Penghargaan Terbaik Dalam Penerapan UU Keterbukaan Informasi Publik

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

KPU Dompu Terima Penghargaan Terbaik Dalam Penerapan UU Keterbukaan Informasi Publik

Koran lensa pos
Senin, 19 Desember 2022

 

Acara Pemberian penghargaan Informatif oleh Badan Publik  Penyelenggara Pemilu, Minggu (19/12/2022)


Mataram, koranlensapos.com - KPU Kabupaten Dompu dinobatkan sebagai peringkat 1 (INFORMATIF) Badan Publik Penyelenggara Pemilu dalam penganugerahan Badan Publik Terbaik Dalam mengimplementasikan Undang Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan oleh Komisi Informasi Provinsi NTB di Hotel Lombok Raya 19 Desember 2022 yang diterima oleh Ketua KPU Kabupaten Dompu, Drs. Arifuddin.

Ketua KPU Kabupaten Dompu, Drs. Arifuddin, menyampaikan rasa syukurnya atas penobatan KPU Kab  Dompu sebagai badan publik terbaik dalam melaksanakan keterbukaan informasi di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Terima kasih kepada ketua dan anggota Komisi Informasi Provinsi NTB atas penghargaannya kepada KPU kabupaten Dompu.

"Terima kasih KPU Provinsi NTB yang selalu memberikan arahan dan bimbingan kepada kami KPU Kabupaten Dompu, serta terima kasih kepada anggota.KPU.Kab. Dompu,  sekretaris dan seluruh staf sekretariat KPU kabupaten Dompu yang telah menjadi Supertim dalam membangun keterbukaan informasi di jajaran KPU Kabupaten Dompu," kata Arif.

Dikatakannya bagi KPU Kabupaten Dompu bahwa keterbukaan informasi menjadi aspek penting dalam memberikan legitimasi pemilu, karena setiap pemangku kepentingan di pemilu akan menerima hasil pemilu jika prinsip keterbukaan informasi diterapkan.

Keterbukaan informasi di pemilu juga dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024 tidak hanya dalam memberikan suaranya tapi juga mengawal proses penyelenggaraan pemilu demgan melakukan sosialisasi terkait Informasi yang dapat memastikan para pemilih dapat berpartisipasi aktif dalam pemilu, seperti informasi daftar pemilih, informasi hari pemungutan suara dan infromasi mengenai partai dan  informasi mengenai hasil pemilu, baik pemilu legislatif maupun pemilu presiden dengan tujuan membangun kepercayaan publik yang pada akhirnya memberikan legitimasi pemilu baik dari sisi proses maupun hasil pelaksanaan pemilu. (emo).