Jadi Wartawan 14 Tahun, Umbaran Wibowo Ternyata Intel Polisi dan Kini Jadi Kapolsek

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Jadi Wartawan 14 Tahun, Umbaran Wibowo Ternyata Intel Polisi dan Kini Jadi Kapolsek

Koran lensa pos
Kamis, 15 Desember 2022

 

IPTU Umbaran Wibowo, anggota Intel Polri yang menyamar jadi wartawan selama 14 tahun dan kini dilantik jadi Kapolsek Kradenan Blora Jawa Tengah

   
koranlensapos.com - Nama Iptu Umbaran Wibowo viral lantaran menjadi Kapolsek Kradenan, Blora pada pada 12 Desember 2022. Sebelum menjadi Kapolsek, rupanya Iptu Umbaran menyamar sebagai wartawan TVRI.

Dikutip dari tirto.id, Iptu Umbaran menyamar jadi wartawan TVRI selama belasan tahun, sebelum akhirnya diketahui ia merupakan seorang intelijen Polri.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iqbal Alqudussy mengatakan, Iptu Umbaran memang anggota Polri dan benar "pernah" bekerja sebagai kontributor di TVRI Jateng untuk wilayah Pati.

"Iptu Umbaran melaksanakan tugas penyamaran dan bukan pegawai tetap TVRI. Ia ditugaskan menjadi organik Polres Blora sebagai Kanit Intel pada Januari 2021. Kemudian ia diangkat sebagai Wakapolsek Blora," jelasnya.


Kapolsek Kradenan Iptu Umbaran Wibowo lahir pada 19 Oktober 1984 (38 tahun). Umbaran menyamar menjadi wartawan TVRI selama 14 tahun dan akhirnya mengundurkan diri pada Oktober 2022.

Dirut TVRI Iman Brotoseno mengatakan Umbaran mengajukan pengunduran diri karena akan mendapatkan jabatan terbuka dan diangkat menjadi Kapolsek Kradenan, Blora.

Dalam data Dewan Pers, Umbaran Wibowo tercatat sebagai wartawan TVRI Jawa Tengah, bahkan pernah mengikuti uji kompetensi pada tahun 2018 lewat lembaga penguji PWI dengan status sebagai wartawan madya.

Karier Iptu Umbaran di kepolisian dimulai dari pangkat Brigadir Polisi Dua atau Bripda pada 2008. Ia lulus dari Bintara Intelijen Khusus.

Pangkat Iptu Umbaran naik menjadi Brigadir Polisi Satu atau Briptu pada 2009 dan berpangkat Brigadir Polisi pada 2013. Kemudian, ia naik pangkat sebagai Brigadir Polisi Kepala pada 2017.

Pada 2018, Iptu Umbaran mengikuti Pendidikan Pengembangan Spesialisasi Perwira Pertama Dasar Intelijen dan naik pangkat Inspektur Dua atau Ipda. Kemudian ia ditempatkan di Direktorat Intelkan Polda Jateng.

Sebelum jadi Kapolsek Kradenan, Iptu Umbaran menjabat sebagai:
Pama Direktorat Intelkam Polda Jateng pada Januari 2018
Pama Polres Blora pada Januari 2021
Kanit VI Sat Intelkam Polres Blora pada Februari 2021
Kanit I Sat Intelkam Polres Blora pada Juni 2021
Wakapolsek Blora pada Juni 2022
Kapolsek Kradenan pada 12 Desember 2022.


Menukil laman NTMC Polri, Kamis (15/12/2022), Umbaran Wibowo mengaku, jika dirinya sempat menjadi kontributor untuk TVRI selama 14 tahun.

Ia menyebut, perjalanannya di dunia jurnalistik adalah murni bagian dari tugas dan perintah pimpinan.

"Terkait saya dulu pernah aktif di jurnalistik, itu adalah bagian dari pelaksanaan tugas, dan perintah pimpinan," kata Iptu Umbaran.


Iptu Umbaran dikabarkan sudah menjadi kontributor TVRI selama 14 tahun, yakni sejak tahun 2010 silam.

Di kepolisian, ia diketahui berasal dari Satuan Intelijen Keamanan (Satintelkam) Polri. (emo).