Penekanan Babinsa Koramil 01/Dompu, Kontrol Pergaulan Anak-Anak

Kategori Berita

.

Penekanan Babinsa Koramil 01/Dompu, Kontrol Pergaulan Anak-Anak

Koran lensa pos
Minggu, 23 Oktober 2022

 

Kegiatan ronda malam Babinsa Dorebara dan Kandai Satu, Sabtu (22/10/2022)


Dompu, koranlensapos.com - Para Babinsa di Koramil 1614-01/Dompu dalam kegiatan pembinaan teritorialnya selalu menekankan kepada warga binaan agar mengontrol pergaulan anak-anaknya. Penekanan itu dimaksudkan agar anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa ini tidak terjerumus dalam arus pergaulan yang negatif. 

"Dimohon kepada bapak-bapak dan ibu-ibu supaya mengontrol pergaulan anak-anaknya jangan sampai terlibat dalam pergaulan bebas yang menjurus pada hal-hal negatif," pesan Babinsa Desa Dorebara Koramil 01/Dompu, Sertu Muhammad Ali saat melaksanakan kegiatan ronda malam dan kongkow-kongkow dengan warga binaan di Dusun Dorebara Selatan, Sabtu malam (22/10/2022) pukul 20.30 Wita.

Babinsa mewanti-wanti kepada para orang tua agar tidak bosan membimbing anak-anaknya supaya rajin belajar dan taat untuk menjalankan kewajiban ibadah. Di sisi lain anak-anak diawasi lingkungan pergaulannya. Ketika hendak ke luar rumah supaya ditanyakan keperluan dan urusannya. Dipantau pula teman bergaulnya serta tempat yang akan dituju. 

"Anak-anak itu belum tahu mana yang benar dan mana yang salah, maka perlu diarahkan untuk menyelamatkan mereka. Jangan sampai akibat kita kurang kontrol ternyata anak-anak terlibat mengonsumsi minuman keras, narkoba, berkelahi, melakukan pemanahan maupun aktivitas negatif lainnya," ucapnya.


Dalam kegiatan tersebut Babinsa juga menghimbau agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban demi terciptanya Desa Dorebara yang aman dan kondusif.

Imbauan yang sama disampaikan 
 Babinsa Kelurahan Kandai Satu, Sertu Amril. Saat melaksanakan Ronda malam dan kongkow-kongkow dengan warga binaan, Babinsa mengimbau warga binaan supaya tidak lepas kontrol terhadap anak-anaknya. Pergaulan anak-anak harus dibatasi. 

"Jangan biarkan anak-anak keluar rumah di malam hari untuk berboncengan sepeda motor dengan sesama teman sebayanya akhirnya tiba-tiba ditangkap polisi karena berbuat macam-macam. Yang susah orang tua juga nantinya," tandasnya.

Ibarat peribahasa lebih baik mencegah daripada mengobati, Babinsa menegaskan para orang tua harus peduli terhadap anak-anaknya. Apalagi di Kabupaten Dompu sering terjadi kasus pemanahan yang melibatkan anak-anak sebagai pelaku dan sebagai korban. Peristiwa yang lalu cukup sebagai pelajaran yang tidak boleh terulang kembali.

"Larang anak-anaknya keluar rumah di malam hari," pintanya. 

Babinsa menyampaikan supaya tetap waspada terhadap aksi pemanahan oleh orang tak dikenal. Babinsa mengimbau pula kepada warga binaan agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban di Dusun masing-masing, sehingga Kelurahan Kandai Satu tetap aman dan kondusif. (emo).