Wujud Sukacita, Ribuan Warga Dompu Ikuti Pawai Obor di Malam Takbiran 1443 H

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Wujud Sukacita, Ribuan Warga Dompu Ikuti Pawai Obor di Malam Takbiran 1443 H

Koran lensa pos
Senin, 02 Mei 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Wabah pandemi Covid -19 yang melanda selama 2 (dua) tahun lamanya membuat kaum Muslimin di seluruh dunia tidak dapat merayakan hari kemenangan Idul Fitri dengan acara-acara yang menyebabkan terjadinya kerumunan massa.
Namun di tahun 2022 ini, Pemerintah memberikan kelonggaran untuk melaksanakan kegiatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Di Kabupaten Dompu, Pemerintah Daerah menginstruksikan perayaan malam takbiran Idul Fitri 1443 H dengan Pawai Obor. Pawai Obor merupakan salah satu tradisi turun temurun bagi masyarakat di daerah berjuluk Bumi Nggahi Rawu Pahu tersebut di dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.






Pelaksanaan Pawai Obor oleh Pemkab Dompu diikuti oleh sekitar seribuan peserta dengan membawa obor di tangan masing-masing. Peserta Pawai Obor dilepas langsung oleh Bupati Kader Jaelani. Hadir pula Wabup H. Syahrul Parsan, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Taufiq, S. Sos, Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S. IK, Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra dan sejumlah pejabat lainnya.

Rute Pawai Obor sekaligus takbiran keliling itu dari Halaman Pendopo Bupati Dompu menuju arah Polres Dompu, RSUD Dompu, belok kanan lurus menuju Masjid Raya Baiturrahman, lalu berbelok ke kanan menuju Bali 1, kemudian menuju pasar bawah, dan kembali menuju Pendopo Bupati.

Pawai Obor dan Takbiran Keliling itu juga diikuti oleh Pimpinan OPD se kabupaten Dompu beserta jajarannya, Ketua TP. PKK dan anggota, siswa-siswi sekolah menengah pertama dan sekolah Dasar se-kabupaten Dompu.

Gemerlap cahaya ribuan obor tersebut menyemarakkan suasana malam takbiran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H.

“Ini agenda tahunan umat muslim di Kabupaten Dompu. Beginilah cara kita bergembira menyambut Hari Raya Idul Fitri,” kata Bupati AKJ.

Dikatakan Bupati, kesemarakan acara Pawai Obor di malam takbiran ini sebagai penanda kerinduan umat Islam di Kabupaten Dompu yang bersuka cita menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Sebab, dua tahun terakhir kegiatan yang mengundang kerumunan dilarang karena pandemi Covid-19.

“Ini sukacita kita menyambut Hari Raya Idul Fitri. Insya Allah doa-doa kita agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan musibah ini segera diangkat oleh Allah SWT,” katanya. 

Selain dipusatkan di Pendopo Bupati Dompu, Pawai Obor di malam takbiran tersebut juga dilaksanakan di desa-desa dan di kecamatan yang jauh dari pusat kota. (emo).