Wagub NTB Apresiasi Pendidikan Berbasis Sampah SMK Kreatif We Save Dompu

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Wagub NTB Apresiasi Pendidikan Berbasis Sampah SMK Kreatif We Save Dompu

Koran lensa pos
Jumat, 25 Februari 2022

 








Dompu, koranlensapos.com - 
Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Kamis (24/2/2022) melakukan kunjungan kerja dan silahturahmi di Kabupaten Dompu. Dalam kunker tersebut Wagub meninjau posyandu keluarga di Desa Jala Kecamatan Hu'u, pelaksanaan Vaksinasi di SMKN 1 Hu'u dan SMAN 1 Dompu. Bahkan Wagub menyempatkan mengunjungi SMK KREATIF DOMPU. 

Dalam kunjungan ke SMK KREATIF DOMPU Wakil Gubernur yang biasa disapa Umi Rohmi itu memberikan semangat dan motivasi kepada Pengurus Yayasan We SAVE Dompu dan SMK KREATIF DOMPU untuk terus mendidik generasi dengan penuh dedikasi tanpa mengharap balasan dari siapapun. 

SMK Kreatif Dompu merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan berbasis sampah di kabupaten Dompu dan sudah menjadi ikon sekolah. Program yang diyakini bisa membantu Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dalam program NTB Zero Waste. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Yayasan We SAVE Dompu untuk tercapainya NTB Zero Waste di 2023. 

"Ini merupakan contoh di Provinsi NTB bahkan Indonesia, Sekolah ini dibangun dengan hasil sampah dan tidak ada bantuan pemerintah sama sekali. Mereka membangun sekolah ini dari Nol. Ini menunjukan bahwa sampah itu sumber daya, sesuatu yang bisa bermanfaat kembali jika dikelola dengan baik," ujar Umi Rohmi mengapresiasi.

Ketua Yayasan Agus Setiawan, S.Pd menceritakan bahwa Sekolah ini dibangun atas dasar niat yang baik untuk membina dan mendidik generasi agar menjadi generasi yang bermanfaat untuk manusia lain, profesional dan berkompeten.
 "SMK Kreatif Dompu sudah 3 tahun berjalan dan sudah banyak prestasi yang diraih namun sampai sekarang belum mendapatkan izin operasional sekolah," curhat Ketua Yayasan yang biasa disapa Abu We SAVE. 

Teacher Abu menginformasikan bahwa  Kepala SMK Kreatif Dompu, Adhar Aprianto, S.Pd saat ini sedang berada di Mataram untuk mengurus Izin Operasional Sekolah. 

"Mudah-mudahan izin tersebut bisa dibawa pulang oleh Kepala Sekolah dalam beberapa hari kedepan," harapnya.

Menanggapi hal itu, Wagub meminta kepada tim Dikbud yang ikut dalam rombongan itu untuk segera mengeluarkan izin operasional bagi SMK KREATIF Dompu.

Apresiasi terhadap pendidikan berbadis sampah yang dilaksanakan oleh SMK yang berada di bawah naungan Yayasan We Save Dompu itu juga mendapatkan apresiasi dari Bupati Dompu, Kader Jaelani yang turut hadir dalam kunjungan tersebut. Bupati memberikan apresiasi yang tinggi kepada anak-anak muda We Save Dompu.

"Ini merupakan contoh pemuda yang kreatif dan inovatif mereka membangun semua ini dengan semangat sampai berdiri dengan kokoh bangunan seperti ini. Saya sangat bangga dengan cara kerja mereka yang luar biasa ini," kata Bupati AKJ. (emo-endo).