Remaja Perlu Diberi Pemahaman Gagal Bukan Akhir Dari Segalanya

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Remaja Perlu Diberi Pemahaman Gagal Bukan Akhir Dari Segalanya

Koran lensa pos
Senin, 17 Januari 2022

 Oleh : Firmansyah, S. Psi., M. M. Kes*

                   Firmansyah


Banyak orang tua yang hanya ingin buah hati mereka meraih kesuksesan dalam melakukan sebuah kegiatan yang dilakukannya namun tidak bisa dipungkiri bahwa dalam berbagai usaha ada kalanya individu mengalami kegagalan. 

Jika anak gagal di bidang akademis atau saat berkompetisi, orang tua tidak perlu berkecil hati. Solusi yang perlu dilakukan adalah terus membimbing dan memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan yang dimilikinya sehingga pada usaha berikutnya dia bisa sukses. 

Untuk terus memberikan motivasi kepada buah hati ketika mereka gagal dalam satu usaha atau perjuangan, katakan bahwa kegagalan adalah hal yang biasa terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. 

Dengan arahan seperti in mendorong buah hati untuk terus berupaya meraih sukses diperiode berikutnya.  Bimbing, motivasi dan jelaskan kepada mereka bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda atau hal yang bisa saja terjadi dalam kehidupan ini.

Mewujudkan generasi muda Dompu yang Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) kedepannya sudah saatnya dari sekarang untuk mendorong anak muda kita untuk tidak berlarut-berlarut dalam kegagalan. 

Kegagalan dalam satu usaha bukan akhir dari sebuah perjuangan namun sebagai langkah awal untuk terus memperkuat diri agar tidak gagal diperiode berikutnya. Terus bersemangat dan lakukan yang terbaik, baik untuk diri sendiri maupun untuk lingkungan di sekitarnya.
(* Penulis adalah seorang Psikolog).