Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Lindungi Buah Hati dari Covid -19, Kadis DP3A Dompu Minta Para Ortu Buat Anak Betah di Rumah

Jumat, 03 April 2020 | 3:07 PM WIB Last Updated 2020-04-03T07:07:54Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid -19), anak-anak harus bermain di rumah saja. Untuk sementara ini orang tua jangan dulu mengajak anak-anaknya bermain di tempat-tempat keramaian atau ke tempat-tempat wisata. 
Penegasan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu,.Hj. Daryati Kustilawati, SE., MM.

Daryati mengemukakan dalam kondisi dan situasi ini, orang tua memegang peranan paling penting untuk menciptakan suasana yang membuat anak-anaknya betah berada di rumah.
"Buat anak-anak bisa betah di rumah sehingga tidak ingin pergi ke luar," jelasnya.

Ia melanjutkan peran orang tua bukan hanya membuat anak betah tetapi juga senang, gembira dan terbangun kreativitasnya. Anak-anak bisa diajak dan dilatih untuk mengerjakan suatu keterampilan tertentu. Misalnya bagi anak laki-laki dilatih oleh sang ayah menggambar, menulis kaligrafi, atau menanam tanaman buah-buahan di kebun atau di halaman rumah. Sedangkan bagi anak perempuan dilatih untuk belajar memasak atau menanam aneka bunga-bungaan atau sayur-aayuran di halaman rumah.
"Pokoknya buat kegiatan yang positif dan menyenangkan supaya anak-anak senang dan betah di rumah," imbaunya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa di balik ujian wabah Corona ini juga memberikan suatu hikmah. Di antaranya menumbuhkan kedekatan emosional antara orang tua dengan anak. Bila yang selama ini orang tua sibuk dengan aktivitasnya sehingga jarang berkumpul dengan anak-anaknya maka di saat ini banyak waktu luang untuk bersama anak.

"Manfaatkan moment dekat dengan anak ini untuk memberikan pembelajaran yang positif kepada anak-anak. Buat suasana yang ramah anak sehingga anak-anak merasa dekat dengan orang tuanya dan akhirnya betah di rumah," tandasnya. (AMIN).


×
Berita Terbaru Update