Antisipasi Covid-19, BPJS Kesehatan Bima Terapkan Protokol Kesehatan

Kategori Berita

.

Antisipasi Covid-19, BPJS Kesehatan Bima Terapkan Protokol Kesehatan

Koran lensa pos
Jumat, 24 April 2020

Kantor BPJS Kesehatan Bima
Bima, Lensa Pos NTB – Di tengah merebaknya Pendemi Corona Virus Disease 19 (Covid- 19), Keresahan masyarakat sangat berdampak pada pelayanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Hal ini dapat terlihat pada jumlah kunjungan peserta JKN-KIS yang berkurang, ini bukan dikarenakan berkurangnya kebutuhan pengurusan dari peserta JKN-KIS, namun saat ini peserta JKN-KIS mulai beralih menggunakan aplikasi Mobile JKN.

 “Apabila terdapat peserta yang harus tetap datang ke Kantor BPJS Kesehatan oleh karena terdapat pengurusan yang tidak bisa dilakukan melalui Mobile JKN, maka akan dijalankan protokol upaya pencegahan Covid-19 dengan tujuan untuk keamanan peserta JKN-KIS.

Pada saat peserta JKN-KIS masuk ke area kantor, maka peserta wajib memakai masker, mencuci tangan serta dilakukan pengecekan suhu tubuh dan penggunaan Hand sanitizer. Hal ini juga diberlakukan bagi pegawai BPJS Kesehatan,” Ucap Kepala Bidang SDMUKP BPJS Kesehatan Cabang Bima Husto Nul Ansori.

Resti adalah salah satu peserta yang datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pengurusan denda pelayanan mengutarakan “Kami sama sekali tidak merasa tersinggung, jika kami harus memakai masker dan diminta untuk mengukur suhu tubuh dan memakai hand sanitizer, justru kami bersyukur karena BPJS Kesehatan peduli akan kesehatan dan keamanan peserta JKN-KIS,” tuturnya.

“Sejak tanggal 23 Maret kemarin, kami hanya melayani beberapa jenis pelayanan secara langsung dan yang bersifat urgent, selebihnya kami arahkan untuk mengakses pelayanan daring melalui aplikasi Mobile JKN, Website BPJS Kesehatan, Media Sosial BPJS Kesehatan, Care Center 1500 400 atau layanan VIKA (Voice Interactive JKN) dan layanan paling terbaru yaitu CHIKA (Chat Assistant JKN) yang dapat diakses melalui Facebook Messenger, CHIKA pada telegram dengan bot telegram https://t.me/BPJSKes_bot, maupun Whatsapp di nomor 08118750400,” ucap Huston.

Masyarakat yang datang ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Bima sangat mengapresiasi langkah BPJS Kesehatan dalam memutus rantai penularan Covid-19 ini. Resti, salah satu peserta yang datang ke Kantor Cabang Bima mengungkapkan bahwa dengan diterapkannya protokol penanganan Covid-19 di wilayah Kota Bima, dirinya tetap mendapatkan layanan yang sangat baik dan memuaskan. (TIM)