Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kunker ke Semua Polsek, Kapolres Dompu Tekankan Sinergitas 3 Pilar

Minggu, 16 Februari 2020 | 6:19 PM WIB Last Updated 2020-02-16T10:19:58Z

IPTU Jailani, Kasat Binmas Polres Dompu

Dompu, Lensa Pos NTB - Ajun Komisaris Besar Polisi  Syarif Hidayat, SH, S. IK usai dilantik sebagai Kapolres Dompu langsung melakukan kunjungan kerja ke seluruh Polsek yang ada di Kabupaten Dompu.
Dalam kunjungan kerjanya, Kapolres bertatap muka juga dengan Camat beserta jajarannya, Danramil beserta jajarannya, Kapolsek beserta jajarannya dan para Kepala Desa beserta jajarannya. Kapolres beserta Ketua Bhayangkari Cabang Dompu, Ny. Susi Syarif Hidayat juga membagikan sembako kepada para lansia.
Kasat Binmas Polres Dompu, IPTU Jailani mengungkapkan bahwa salah satu penekanan penting Kapolres dalam pertemuan di 8 Polsek itu adalah optimalisasi sinergitas 3 (Tiga) Pilar yang ada di desa, yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa. 

"Penekanan Bapak Kapolres bila ada masalah-masalah yang kiranya dapat diselesaikan oleh 3 Pilar tersebut, tidak perlu harus dibawa ke Polsek atau Polres," tandasnya.

Dikatakannya penegasan Kapolres demikian dengan beberapa pertimbangan. Agar segala persoalan yang terjadi di masyarakat dapat diselesaikan dengan cara kekeluargaan tanpa harus berhadapan dengan proses hukum.
"Kecuali persoalan-persoalan yang besar dan mengandung unsur pidana harus tetap diproses misalnya kasus pembunuhan atau kasus narkoba. Kalau masalah perkelahian antar remaja atau kekerasan rumah tangga cukup diselesaikan secara kekeluargaan di desa," terangnya.

Jaelani menyebut kerap terjadi kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang mestinya dapat diselesaikan oleh 3 pilar di desa tetapi langsung dilaporkan ke Polsek atau Polres. Setelah pihak berwajib melakukan penyidikan dan menangkap terlapor, justru keesokan harinya pelapor datang dengan menangis dan mencabut kembali laporannya.

Ada juga yang ketika terjadi suatu konflik justru menjadi semakin meluas akibat emosi yang berlebihan. Kedua belah pihak saling kalap sehingga terjadi perkelahian bahkan bisa berpotensi memicu terjadinya gejolak antar warga.
Kadang-kadang persoalan bentrok yang terjadi antar warga dipicu hal-hal sepele. Namun karena tidak lekas diselesaikan di desa sehingga berdampak menjadi lebih besar. 
Terkait peran 3 Pilar ini, mantan Kapolsek Pajo ini meminta kepada masyarakat untuk melaporkan bila terjadi suatu persoalan agar segera bisa ditangani. Karena tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan bila kedua belah pihak saling terbuka dan mau menerima arahan dari 3 Pilar tersebut. 

Bercermin dari beberapa kasus pembunuhan yang terjadi di Kecamatan Hu'u maupun di Kecamatan Kilo beberapa waktu lalu, ia berharap masyarakat bisa menahan diri dan tidak mengedepankan emosi. Bila ada persoalan agar diserahkan kepada 3 Pilar di desa untuk menyelesaikannya agar semuanya bisa berakhir dengan islah (damai) tanpa harus terjadi percekcokan apalagi sampai terjadi kekerasan fisik.

Dikatakannya untuk optimalisasi peran Bhabinkamtibmas, Kapolres Dompu menekankan bahwa Bhabinkamtibmas supaya selalu berada di desa tempatnya bertugas.
"Kantornya Bhabinkamtibmas itu di desa. Itu penegasan Bapak Kapolres. Sedangkan di Polsek hanya untuk mengisi absen saja," pungkasnya. 

×
Berita Terbaru Update