Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Rombongan PKM Madapangga Kaji Banding di PKM Dompu Kota

Kamis, 16 Januari 2020 | 10:14 PM WIB Last Updated 2020-01-16T14:19:48Z
Rombongan Puskesmas Madapangga saat Kaji Banding di Puskesmas Dompu Kota

Dompu, Lensa Pos NTB -Rombongan dari Puskesmas Madapangga, Kamis siang (16/1/2020) melakukan kegiatan kaji banding di Puskesmas Dompu Kota.
Kedatangan rombongan di bawah pimpinan Kepala UPT Puskesmas Madapangga, Eva Juniarti, S. KM itu disambut oleh Kepala Puskesmas Dompu Kota, Dewi Laila Mahligai Putri, M. Kes beserta jajaran.
Hadir pula pada kesempatan tersebut Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu sekaligus Surveyor Akreditasi Nasional Maman, M. Kes.
Kegiatan diawali dengan pemaparan visi misi dan program kerja oleh Kapus Dompu Kota.

"Visi kami adalah Menyelenggarakan Pelayanan Kesehatan Terbaik Untuk Mewujudkan Masyarakat Dompu yang Sehat dan Mandiri," ucapnya.
Sedangkan misinya adalah pertama, menyelenggarakan upaya kesehatan yang meliputi promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif secara berkesinambungan;
Kedua, menyelenggarakan upaya kesehatan secara profesional dan bertanggung jawab sesuai dengan standard mutu; 
Ketiga, mengembangkan upaya kesehatan secara inovatif sesuai dengan sumber daya yang dimiliki dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat; 
Dan keempat, mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Dikatakannya gedung dan lahan Puskesmas Dompu Kota sangatlah terbatas dan minim bila dibandingkan dengan beberapa Puskesmas lain yang ada di Kabupaten Dompu. Namun tidak menurunkan semangat dan inovasi para petugas dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Karenanya satu ruangan dijadikan untuk dua atau tiga program pelayanan. 
Ia menyebut saat ini di Puskesmas yang dipimpinnya tersebut ada 4 (empat) orang dokter umum dan 1 (satu) dokter gigi.
Sedangkan Tata Nilai yang selalu ditanamkan kepada seluruh karyawan adalah "Bersih Lingkunganku, Elok Pandanganku, Komitmen dengan Tugasku, Empati Sikapku, Rapi Ruanganku, Jujur Sifatku, Asri Kantorku.

Pada kesempatan tersebut, Kapus Dompu Kota juga mengungkapkan sejumlah prestasi yang pernah diperoleh selama ini. Salah satunya adalah telah mendapatkan nilai Akreditasi Tingkat Utama.

Lebih lanjut ia menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan rombongan dari Puskesmas Madapangga melakukan kaji banding di Puskesmas yang dipimpinnya itu.
"Karena ini akan memberikan motivasi bagi kami untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.
Dikatakannya meski dipilih oleh Puskesmas Madapangga sebagai tempat untuk melakukan Kaji Banding, tetapi bukan berarti yang terbaik. 
"Karena pada dasarnya seluruh Puskesmas dituntut untuk melakukan kaji banding ke Puskesmas lain baik karena ada program yang dilihat lebih baik yang bisa untuk diadopsi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Madapangga, Eva Juniarti, S. KM menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada keluarga besar Puskesmas Dompu Kota yang menyiapkan waktu dan berbagi informasi yang berguna untuk peningkatan pelayanan di fasilitas kesehatan yang dipimpinnya.
"Kita ingin melihat strategi-strategi apa yang digunakan oleh Puskesmas Dompu Kota untuk meningkatkan pelayanan. Selain itu ada beberapa program di Puskesmas kami yang belum mencapai target, karena itu kami ke sini untuk mendapatkan gambaran langkah apa yang harus kami lakukan untuk bisa mencapai tarhet tersebut. Intinya kami ke sini untuk belajar supaya Puskesmas Madapangga bisa lebih baik lagi," tuturnya.
Selanjutnya untuk mendapatkan gambaran langsung tentang program yang dilaksanakan di Puskesmas Kota, maka masing-masing pelaksana program yang hadir pada kesempatan tersebut menyambangi ruangan masing-masing program. (AMIN).



×
Berita Terbaru Update