Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sosialisasikan SP2020, BPS Dompu Gelar Jalan Santai

Sabtu, 09 November 2019 | 3:42 PM WIB Last Updated 2019-11-09T07:42:04Z

Kepala Kantor BPS Kabupaten Dompu, Peter Willem
Dompu, Lensa Pos NTB - Dalam rangka memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020 yang akan datang, maka Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dompu menggelar kegiatan jalan santai.

Kegiatan tersebut digelar pada Jum'at pagi (8/11/2019) pukul 6.30 Wita start dari depan Kantor BPS Dompu ke arah Rumah Sakit Umum Dompu lalu belok kanan di bundaran pasar atas Dompu kembali ke Kantor BPS Dompu.

Kepala Kantor BPS Kabupaten Dompu, Peter Willem menyebutkan bahwa untuk mensosialisasikan pelaksanaan SP2020 kepada masyarakat, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Dompu. BPS juga telah melakukan program goes to school untuk mengedukasi para siswa tentang pelaksanaan cacah jiwa yang akan dilaksanakan pada setiap satu dasawarsa (periode 10 tahun) itu.

"Kami sudah melakukan ke sekolah SMA 1 Dompu, SMA 1 Woja dan juga ke Ketua-Ketua paguyuban bekerja sama dengan Kesbangpol ," ungkapnya.

Peter mengemukakan pelaksanaan SP2020 yang merupakan program sensus kependudukan yang ketujuh ini berbeda dengan sebelumnya.

"Metode yang dipakai dalam SP2020 ini adalah metode kombinasi," ujarnya.
Dijelaskannya pada 6 kali sensus penduduk sebelumnya petugas mendatangi rumah-rumah penduduk untuk melakukan sensus.


Data awal yang dipakai dalam SP2020 mengacu pada administrasi kependudukan (adminduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) kabupaten/kota yang dirilis secara nasional oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Merujuk pada adminduk tersebut, masyarakat bisa melakukan perbaikan data diri dan keluarganya secara mandiri.
"Pada SP2020 ini mengharapkan partisipasi masyarakat melakukan sensus mandiri secara online pada bulan Februari-Maret 2020.

Dengan memasuki link yang tersedia yaitu sensus.bps.co.id lalu pada kolom yang telah disediakan mengetik Nomor Induk Kependudukan (NIK), masyarakat dapat memperbaiki tentang data-data kependudukan keluarganya secara mandiri.
"Peran aktif masyarakat untuk memperbaiki data administrasi kependudukan ini sangat dibutuhkan," terangnya.
Selanjutnya pada bulan Juni-Juli 2020 petugas akan mendatangi penduduk untuk melakukan sensus. 
"Terutama bagi yang belum berpartisipasi secara online," ucapnya.
Disebutnya petugas sensus di Kabupaten Dompu berjumlah 219 orang di luar Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) dan Pembantu KSK. (AMIN).








×
Berita Terbaru Update