Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cegah Kerusakan Hutan, Kesadaran Masyarakat Paling Penting

Senin, 04 November 2019 | 6:33 AM WIB Last Updated 2019-11-03T22:33:25Z
Suhaimin, SH, Anggota DPRD Kab. Dompu
Dompu, Lensa Pos NTB - Untuk mencegah terjadinya tindakan pengrusakan kawasan hutan yang lebih meluas lagi, yang terpenting adalah kesadaran dari masyarakat.

Masyarakat harus menyadari bahwa hutan adalah urat nadi kehidupan bagi generasi yang hidup saat ini maupun generasi-generasi selanjutnya. Hutan menyediakan oksigen yang dibutuhkan bagi kehidupan. Hutan juga menyimpan sumber mata air. Hutan juga melindungi alam ini dari tanah longsor. Serta masih banyak lagi fungsi hutan lainnya.

Politisi Partai Hanura, Suhaimin, SH mengatakan kesadaran dari masyarakatlah yang paling penting saat ini untuk mencegah terjadinya kerusakan hutan yang lebih parah lagi.
Menurutnya sebanyak apapun peraturan pemerintah baik dari tingkat pusat sampai di tingkat daerah tentang larangan menebang pohon di hutan atau melakukan perambahan hutan, bila tidak ada kesadaran masyarakat maka peraturan tersebut akan sia-sia.

Apalagi jumlah petugas di KPH sangat terbatas, tidak mungkin bisa memgawasi hutan secara keseluruhan dan terus-menerus.

"Kami meminta kesadaran masyarakat agar jangan mengganggu kawasan hutan karena hutan itu menyediakan segala kebutuhan hidup kita," imbaunya penuh harap. 
Ia mengatakan akibat kerusakan hutan sangat dirasakan oleh masyarakat sendiri. Krisis air dan kekeringan terjadi di mana-mana, terik matahari panas menyengat. 

"Sisa-sisa hutan yang masih ada ini mari dijaga. Masyarakat sendiri yang harus memiliki kesadaran untuk menjaganya," pungkasnya.
(AMIN).

×
Berita Terbaru Update