Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kebakaran Hutan di Kawinda To'i, Jadi Atensi Kapolsek Tambora

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 7:59 AM WIB Last Updated 2019-10-18T23:59:02Z

Bima, Lensa Pos NTB – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kerap terjadi di Musim kemarau seperti ini, terlebih menjelang turunya hujan, masyarakat harus membersihkan lahan-lahan mereka untuk persiapan menanam padi dan jagung. Kondisi seperti ini seringkali terjadi di wilayah Kabupaten Bima dan sekitarnya.

Seperti halnya yang terjadi di Lahan Gunung Desa Kawinda To’i Kecamatan Tambora Kabupaten Bima, Jumat (18/10/2019) pukul 08.30 wita. Kapolsek Tambora IPDA Nurdin bersama jajarannya dibantu masyarakat setempat melakukan upaya pemadaman api terhadap lahan seluas sekitar 50 Are, diduga dibakar oleh warga  Desa Kawinda Toi dengan tujuan membersihkan lahan untuk persiapan musim tanam jagung.

Diketahui  terjadinya Karhutla adanya informasi  dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran lahan  di gunung Desa Kawinda To’i,  kemudian Kapolsek bersama personel nya  langsung menuju lokasi kebakaran dan terlihat jarak pandang dari arah jalan raya sekitar 100 meter, sesampainya di lokasi terlihat beberapa pohon kecil yang sudah ditebang, rumput kering dan kumpulan daun pohon kering yang terbakar, selanjutnya personel polsek tambora langsung memadamkan api dengan peralatan yang disediakan oleh Satgas Karhutla Polres Bima serta alat seadanya di sekitar lokasi.   Beberapa titik api berhasil di padamkan hingga pukul 12.00 wita.

     Kapolres Bima, AKBP BAGUS S. WIBOWO S. Ik melalui Kasubbag Humas IPTU HANAFI  mengimbau kepada masyarakat, mengingat saat ini  kondisi panas dan angin kencang  maka apabila mau membakar laha untuk persiapan tanam jagung  agar  semak belukar di potong dan di kumpulkan pada satu tempat  dan membuat sekat supaya api  tidak menjalar ke lokasi lain, setelah selesai  dan   yakin api sudah padam baru meninggalkan lokasi, harapnya. (LP.01)

×
Berita Terbaru Update