Aksi Heroik, Prajurit Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Selamatkan Anak Tenggelam Di Sungai

Kategori Berita

.

Aksi Heroik, Prajurit Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Selamatkan Anak Tenggelam Di Sungai

Koran lensa pos
Jumat, 20 September 2019

Merauke, Lensa Pos NTB - Aksi heroik kembali diperlihatkan oleh prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan(Satgas Pamtas) Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Kaliwanggo.  
Sebagaimana yang diberitakan m.liputan6.com Jum'at pagi (20/9/2019) ini, para prajurit TNI ini menyelamatkan seorang anak bernama Herman Mauli Murnan (10) yang tenggelam saat sedang memancing di Sungai Warma, Kampung Erambu, Distrik Sota, Kab.Merauke, Papua, Kamis
(19/9/2019).

Saat ditemui Danpos Kaliwanggo Kapten Inf Adik Sunarto menjelaskan, bahwa pada hari Rabu 18/9/2019 sebanyak 8 personel Pos Kaliwanggo yang dipimpin oleh Serka Sarwoto saat hendak kembali ke pos dari patroli patok MM.12.2. Kemudian di pinggir Sungai Warma terdengar suara minta tolong dari dua orang anak, bahwa temannya tenggelam saat berusaha berenang untuk melepas senar pancingnya yang tersangkut.

"Dengan sigap dua personel atas nama Kopda Juwadi dan Pratu Popi Alex melompat berenang ke sungai untuk menyelamatkan anak tersebut," ungkap Danpos.
 Setelah berhasil membawa sang anak ke daratan, kemudian diberikan nafas buatan oleh para personel TNI ini karena sang anak banyak minum air sungai. 

"Setelah anak tersebut sadar selanjutnya personel membawanya pulang ke pos untuk dicek kondisi kesehatannya dan dilaporkan ke Dansatgas," jelas Danpos.

Ditambahkannya setelah diberi makan dan minum serta vitamin oleh Bintara Kesehatan (Bakes) Pos Serka Abdul Wahab, kondisi kesehatan Herman pun sudah membaik dan pulih kembali. 
"Selanjutnya kami antarkan anak tersebut pulang kerumahnya untuk  diserahkan kepada kedua orang tuanya di Kampung Erambu, Distrik Sota," lanjutnya.

Danpos Kaliwanggo Kapten Inf Adik Sunarto mengantarkan pulang Herman Mauli Murnan kepada orang tuanya bersama tiga orang anggota. 

"Ucapan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad disampaikan oleh orang tua Herman Mama Maria Welmince Kidup (36), karena sang ayah Hantonius Murnan (37) sedang pergi berburu saat kejadian tersebut.

"Kami ucapkan terimakasih banyak kepada bapak-bapak tentara dari Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad atas kepedulian dan pengorbanannya telah menyelamatkan putra kami Herman Mauli Murnan yang tenggelam di Sungai Warma saat memancing di Sungai Warma," ucap Mama Welmince.

Di tempat terpisah Dansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., sangat mengapresiasi atas tindakan sigap yang dilakukan oleh personel Pos Kaliwanggo menyelamatkan anak yang tenggelam di sungai.

"Hal tersebut menunjukkan kesiapan prajurit dalam membantu kesusahan masyarakat di sekelilingnya," ucap Dansatgas. (*).