KPU Kota Bima Gelar Bimtek PPK Tahap II

Kategori Berita

.

KPU Kota Bima Gelar Bimtek PPK Tahap II

Koran lensa pos
Jumat, 05 April 2019

Kota Bima, Lensa Pos NTB - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap II untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Bima dalam rangka persiapan Pemilihan Pemungutan dan Perhitungan suara serta Rakapitulasi Perolehan Suara Pemilu Pilpres dan Pileg Tahun 2019, Kamis (4/4/2019). Acara yang dilaksanakan di Aula Hotel Mutmainah Kota Bima. diikuti oleh semua Anggota PPK yang terdiri dari Ketua PPK, Anggota PPK dan ditambah dengan Sekretariat PPK sehingga berjumlah 40 orang. 

Acara dibuka oleh Ketua KPU Kota Bima, Mursalin, S. Pd, Ia mengucapkan terima kasih pada Komisioner KPU, Sekretariat KPU Kota Bima, Ketua PPK, Anggota PPK serta Sekertariat PPK se-Kota Bima dalam menghadiri acara bimtek ini, Mursalin mengatakan, kegiatan ini untuk mematangkan kesiapan para pelaksana pemilu agar semakin memahami alur penyelenggaraan saat hari pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019 nanti. Selain itu ditekankan hal-hal teknis tentang pemungutan dan penghitungan suara serta penekanan masalah DPT, DPTb, dan DPK, karena tergantung dari mana pemilih tersebut berasal yang nantinya sangat menentukan jumlah suara yang pemilih terima. "Peserta yang ikut adalah PPK Se- Kota Bima, diharapkan mereka serius mengikuti Bimtek, jangan main-main karena ini sangat penting. Nantinya juga mereka para PPK setelah ini akan memberikan bimbingan Teknis kepada masing-masing PPS, dan juga PPS memberikan bimbingan Teknis KPPS berjenjang," ujar Mursalin.

Anggota KPU Kota Bima Devisi Teknik, Tamrin, SH,  yang menjadi pemateri dan pemandu pada acara tersebut menyampaikan tentang hal teknis dan persiapan pelaksanaan tahapan yang akan dihadapi dalam waktu dekat karena kita memasuki minggu pertama bulan April, karena minggu kedua pelaksanaan yaitu, 17 April 2019 pemilihan pilpres dan pileg. “ Yang terdekat, maksudnya 5 hari sebelum pelaksanaan Pemungutan dan Perhitungan suara pada tanggal 13-16 April 2019. Pasca materi selesai, Kepala Sub Bagian Teknis dan Humas KPU Kota Bima, Tamrin memberikan simulasi tentang bagaimana cara pengisian formulir checklist berkas. “Setiap kolom ini harus diisi semuanya,” terangnya sambil memperagakan pengisian contoh formulir. Peserta juga diberikan bahan dan contoh formulir untuk praktik langsung dalam pengisian formulir.  (TIM)