Babinsa Malaju Tinjau Saluran Irigasi Tersier untuk Program Pompanisasi

Kategori Berita

.

Babinsa Malaju Tinjau Saluran Irigasi Tersier untuk Program Pompanisasi

Koran lensa pos
Selasa, 30 April 2024

Kegiatan pemantauan saluran irigasi di Desa Malaju Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu, Senin (29/4/2024)

Dompu, koranlensapos.com -  Program Ketahanan Pangan Nasional telah dicanangkan oleh Pemerintah Pusat. TNI selaku Aparat teritorial di wilayah, dituntut untuk berperan aktif dalam menyukseskan program tersebut. Salah satu contoh konkret yang dilakukan Babinsa Desa Malaju Koramil 1614-04/Kilo, Sertu Mastudinnur.

Babinsa turun langsung ke area pertanian (sawah) guna meninjau saluran irigasi tersier untuk pengairan pompanisasi di lahan pertanian warga, Senin (29/04/2024) Pukul 15.30 Wita.

Kegiatan peninjauan tersebut dilakukan bersama perangkat Desa Malaju yakni Kepala Dusun Saudara Subhan dan salah satu Ketua kelompok tani Tolo Unti Saudara Lutfi, guna meninjau kondisi akhir keberadaan saluran irigasi tersier untuk persiapan pengairan dengan sistem pompanisasi guna kelancaran pada saat proses penyaluran air ke lahan pertanian warga.

Tidak hanya itu, pada kesempatan Komsosnya kali ini Babinsa Desa Malaju menghimbau kepada warga masyarakat binaanya agar pada saat proses pembagian air nanti upayakan harus adil.

"Semua sawah harus dialiri air dan terbagi dengan merata," pintanya. 

Dikatakannya saluran Irigasi utama ini sangat berperan penting dalam mendukung kelangsungan lahan pertanian. Diharapkan para petani agar sama-sama saling perduli dan menjaga serta memelihara agar dapat berfungsi dan dapat kita pergunakan sebagai mana mestinya dengan baik.

"Kalau ada banjir dan kali utama terjadi kebocoran saluran irigasi yang diakibatkan oleh intensitas hujan yang cukup tinggi, diharapkan semua warga petani harus turun tangan guna bergotong royong untuk membendungnya," harap Babinsa. (Pendim1614).