Danramil Pekat bersama Babinsa dan PPL Cek Lokasi Ketahanan Pangan di Calabai

Kategori Berita

.

Danramil Pekat bersama Babinsa dan PPL Cek Lokasi Ketahanan Pangan di Calabai

Koran lensa pos
Sabtu, 23 Maret 2024
Pengecekan lokasi program ketahanan pangan di Desa Calabai Kecamatan Pekat, Jumat (22/3/2024)

Dompu, koranlensapos.com - 
Danramil 1614-05/Pekat, Lettu Inf Hamzah bersama Babinsa dan PPL Calabai, Panji serta Ketua Kelompok Muh. Fauzi melakukan pengecekan lokasi ketahanan pangan Kelompok Tani Pasir Subur Desa Calabai. Kegiatan pengecekan beelangsung pada hari Jumat (22/3/2024).

Adapun luas lahan 33 Hektare yang ditanami jagung 23 Ha, padi 5 Ha dan tebu, 5 Ha.


Berdasarkan hasil survei di Kelompok Tani Pasir Subur bahwa penanaman dilakukan 2 kali setahun. Tanaman pertama, jagung, padi dan tebu sedangkan tanaman kedua tembakau, kacang tanah dan jagung.

 Sedangkan sumber air didapatkan dari Dam La Tonda yang berjarak cukup jauh yakni 5 kilometer dari lokasi tersebut. Selama ini memanfaatkan jaringan irigasi primer, sekunder dan tersier yang sudah ada. Namun aliran air yang sampai ke lokasi tersebut debitnya sangat kecil disebabkan berbagai kendala yang dihadapi seperti kebocoran jaringan irigasi dan berbagai kendala tekhnis lainnya.

Hasil peninjauan lapangan ini akan menjadi dasar bagi penentu kebijakan di tingkat atas dalam mengambil langkah  yang tepat untuk mengatasi kesulitan air yang dihadapi para petani. Bisa berupa pembuatan sumur bor, pompa hidran, pipanisasi atau perbaikan jaringan irigasi sehingga para petani di kawasan tersebut bisa bercocok tanam dengan lancar dan mendapatkan hasil produksi yang lebih maksimal.  (emo).