Babinsa Kiwu Imbau Warga Binaan Rutin Datangi Posyandu

Kategori Berita

.

Babinsa Kiwu Imbau Warga Binaan Rutin Datangi Posyandu

Koran lensa pos
Selasa, 26 September 2023

 

Babinsa Kiwu, Sertu Arif Syahrir rutin mendampingi kegiatan Posyandu dan mengimbau warga binaan untuk mendatangi Posyandu


Dompu, koranlensapos.com - Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat mahal. Maka badan harus dirawat dengan baik agar tetap sehat dan bugar.

Demikian arahan Babinsa Desa Kiwu, Sertu Arif Syahrir kepada warga binaan dalam berbagai kesempatan. 

"Guna mendukung aktivitas sehari-hari, sangat membutuhkan kondisi tubuh yang sehat dan bugar," kata Arif.

Dikatakannya, salah satu upaya untuk menjaga kesehatan badan adalah dengan rutin mendatangi kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) sebulan sekali.

Babinsa Arif menegaskan saat ini Posyandu telah meningkatkan pelayanannya menjadi Posyandu Keluarga. Pelayanan Posyandu bukan hanya fokus pada ibu hamil dan balita saja, tetapi juga seluruh anggota keluarga yang lain, terutama para lansia (lanjut usia) juga.

"Mari kita rutin mendatangi Posyandu keluarga yang sebulan sekali," ajaknya.


Lebih lanjut dijelaskan Babinsa Arif, Posyandu merupakan program pemerintah yang tidak dipungut biaya. Maka harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memeriksakan kesehatan dan mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

"Dengan pemeriksaan kesehatan secara rutin, petugas bisa mendeteksi dini bila ada penyakit yang diderita sehingga bisa lebih cepat ditangani," tandasnya.


Sementara itu, Bidan Desa Kiwu, Ika Merdeka Wati, Amd. Kes menjelaskan prioritas pelayanan dalam kegiatan Posyandu yakni bagi ibu-ibu hamil, bayi (balita) dan lansia serta penderita penyakit ringan lainnya.

Pemeriksaan rutin kondisi ibu hamil dan janin sangat penting guna mengetahui perkembangannya sesuai usia kandungan. Begitu pula dengan bayi, Berat dan tinggi badan diharapkan ideal sesuai umur agar tumbuh kembangnya normal dan sehat. Pemeriksaan secara rutin akan dapat melakukan pencegahan dan penanganan secara dini terjadinya stunting pada balita.


Bagi para lansia dianjurkan pula tetap rutin mendatangi Posyandu untuk pemeriksaan kadar gula darah pada tubuh serta penyakit lain agar dapat dideteksi dan ditangani lebih awal. (emo).