Tindak Lanjuti Keresahan Petani, Pemdes Sorisakolo, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Rakor Bahas Ternak Lepas Liar

Kategori Berita

.

Tindak Lanjuti Keresahan Petani, Pemdes Sorisakolo, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Rakor Bahas Ternak Lepas Liar

Koran lensa pos
Rabu, 10 Mei 2023

 

Kegiatan rakor Pemdes Sorisakolo bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas bahas hewan ternak yang dilepaiarkan di area penanaman kacang hijau


Dompu, koranlensapos.com - Musim panen jagung di wilayah Desa Sorisakolo pada umumnya sudah berakhir. Usai jagung, para petani setempat melanjutkan dengan penanaman kacang hijau.

Di saat bersamaan, para pemilik sapi di wilayah Kecamatan Dompu sebagian sudah mengangkut kembali hewan ternaknya yang selama musim tanam (sekitar Oktober 2022 - April 2023) dilepasliarkan di kawasan Doroncanga di Kecamatan Pekat. Hewan ternak yang dipulangkan kembali ini kemudian dilepasliarkan lagi di lahan-lahan kosong di wilayah Desa Sorisakolo yang tidak ditanami dengan kacang hijau oleh masyarakat. Tentu saja hewan ternak yang dilepasliarkan ini juga mengganggu tanaman kacang hijau di sekitarnya karena tidak ada pagar pembatas.

Hal demikian membuat para petani resah. Siang malam mereka harus menghalau sapi-sapi yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan itu agar tidak memakan tanaman mereka.

Para petani kemudian mengadukan persoalan ini kepada Pemerintah Drsa Sorisakolo untuk dicarikan solusinya.

Menindaklanjuti pengaduan masyarakat, maka Pemerintah Desa setempat melakukan rapat koordinasi dengan Babinsa Serma Arif Rahman, Bhabinkamtibmas Aipda Firdaus serta tokoh masyarakat setempat. Hal yang dibahas mengenai solusi mengatasi hewan ternak yang dilepasliarkan di kawasan.pertanian di Desa Sorisakolo.



Pada kesempatan tersebut, Babinsa menyampaikan kepada memberi arahan apabila masih ada yang melepas ternak secara liar, maka Pemdes bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas mendatangi pemilik agar mengikat atau mengandangkan hewan peliharaannya.

"Kalau masih ada yang melepasliarkan, kita menemui langsung pemiliknya dan memberikan imbauan untuk tidak melepas liar ternaknya," tegas Babinsa. (emo).