MTQ Tingkat Kelurahan Manggemaci ke XX Resmi Dibuka

Kategori Berita

.

MTQ Tingkat Kelurahan Manggemaci ke XX Resmi Dibuka

Koran lensa pos
Kamis, 25 Mei 2023

 

Kota Bima, Lensa Pos NTB - Pemerintah Kota Bima melalui Pemerintah Kecamatan Mpunda, malam ini Kamis (25/5/2023), membuka resmi Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kelurahan Manggemaci ke XX tahun 2023. 

Acara yang dihelat di halaman Masjid Al Miftahul Jannah Lingkungan Waki Kelurahan Manggemaci, dihadiri  Wakil Ketua DPRD Kota Bima, Syamsuri, SH, Ketua Komisi II DPRD Kota Bima, Taufik H.A.Karim,SH, Sekretaris Camat Mpunda, Syahrial Nuryadin, S.IP, MM, Ketua LPM Kelurahan Manggemaci Zaharudin H.MS, SH, Ketua Karang Taruna Manggemaci Syarifuddin, M.Pd, Babinsa,Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Kelurahan Manggemaci. 


Ketua Panitia, Drs. Mas'ud dalam laporannya, menyampaikan bahwa MTQ Kelurahan Manggemaci dilaksanakan selama 3 hari, yakni tanggal 25 - 28 Mei 2023. Adapun anggaran pelaksanaan murni dari Pemerintah Kota Bima sejumlah Rp. 35 juta, sumbangan masyarakat Rp. 3 juta. Sementara peserta sebanyak 46 orang dari 7 cabang yang di lombakan, yakni cabang Tartil, cabang Tilawah anak, cabang Tilawah remaja, cabang Tilawah tingkat dewasa, cabang Tahfidz, Syahril Al Qur'an, dan Kaligrafi. 


Sekcam Mpunda, Syahrial Nuryadin, S.IP, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu program peningkatan dan pengembangan nilai keagamaan yakni kegiatan MTQ, ini kegiatan wajib yang dilaksanakan oleh pemerintah se Indonesia setiap tahun. Menurutnya, Setiap muslim harus memiliki identitas untuk menguasai ilmu pengetahuan, yang terpenting ilmu agama. Generasi Qurani harus mampu menguasai dan membaca Al Qur'an. 


Sekcam juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Bima selalu berupaya setiap tahun anggaran MTQ harus ditingkatkan. Ini sebagai bukti bahwa Pemerintah sangat memperhatikan kegiatan keagamaan. Kegiatan MTQ bukan sekedar mencari kemenangan, melainkan sebagai salah satu upaya memupuk generasi untuk lebih mencintai Al Qur'an. Sekcam juga menyampaikan untuk MTQ tingkat Kecamatan Mpunda, akan digelar di Kelurahan Manggemaci sebagai tuan rumah, terang Sekcam. 


Pada malam hari ini juga, Wakil Ketua DPRD Kota Bima, Syamsuri, SH sumbang secara pribadi untuk hadiah MTQ Kelurahan Manggemaci, yakni 2 unit kulkas dan 10 unit kipas angin. Rangkaian acara juga dilaksanakan pelantikan dan pengesahan Dewan Hakam dan Seksi Musabaqoh MTQ ke XX tingkat Kelurahan Manggemaci oleh Lurah Manggemaci Muhammad Ali, SE, yang diawali pembacaan SK oleh Sekretaris Kelurahan Manggemaci. (SUKUR)