Safari Ramadan Perdana Tingkat Kabupaten Dompu Dilaksanakan di Desa Kadindi Barat Kecamatan Pekat

Kategori Berita

.

Safari Ramadan Perdana Tingkat Kabupaten Dompu Dilaksanakan di Desa Kadindi Barat Kecamatan Pekat

Koran lensa pos
Sabtu, 01 April 2023

 

Kegiatan Safari Ramadan Perdana Tingkat Kabupaten Dompu di Masjid Nurul Yakin Dusun Kaliaga I Desa Kadindi Barat Kecamatan Pekat, Jumat (31/3/2023)


Dompu, koranlensapos.com -  Bertempat di Masjid Nurul Yakin Dusun Kaliaga I Desa Kadindi Barat Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, Jumat (31/3/2023) mulai pukul 20.30 Wita telah berlangsung kegiatan Safari Ramadhan tingkat Kabupaten Dompu.  Tema Safari Ramadan "Tingkatkan Iman Taqwa dan Akidah di Bulan Suci Ramadhan tahun 1444 H / 2023 M". 

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Dompu H. Kader Jaelani, Ketua DPRD  Kabupaten Dompu Andi Bachtiar, Sekretaris Daerah Gatot Gunawan Perantauan Putra, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Taufiq, S. Sos, Asisten I Pemda Dompu, H. Burhan, SH, unsur Forkopimda, para Pimpinan OPD dan Kabag Lingkup Pemda Dompu, Ketua Umum MUI Kabupaten Dompu Drs. H. Moh. Nasuhi, Camat Pekat Nuraini, S. Pd, Kapolsek Pekat diwakili Kanit Binmas BRIPKA Made Sulastra, Danramil Pekat diwakili PELDA Agus Bahtiar, para Kepala Desa se Kecamatan Pekat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda Desa Kadindi Barat. 

Kegiatan diawali dengan sholat isya dan tarawih berjamaah.

Camat Pekat Nuraini, S. Pd dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf  karena kondisi masjid yang masih dalam proses pembangunan.

"Ini merupakan permintaan masyarakat Desa Kadindi Barat agar Safari Ramadhan tahun ini bisa dilaksanakan di masjid ini. Karena ini kali pertama pemerintah mengunjungi Masjid ini," ujarnya.

Nuraini berterima kasih kepada Bupati Dompu yang telah memprioritaskan Kecamatan Pekat sebagai tempat pertama dalam Safari Ramadhan tahun ini. 

"Terima kasih kepada bapak Bupati karena Safari Ramadhan perdana tahun ini dilaksanakan di Kecamatan Pekat. Dan terima kasih juga karena kami sudah merasakan hasil dari program JARA PASAKA yang bapak Bupati programkan," ungkapnya.


 Bupati Dompu, H. Kader Jaelani menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kecamatan Pekat dalam penyambutan Safari Ramadhan tahun ini.

"Kita dapat lihat bersama masjid ini sedang dalam pembangunan dan insha Allah kami akan memberikan bantuan kepada masjid ini sehingga warga Kadindi Barat ini dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman," ucapnya.


Pada kesempatan tersebut, AKJ mengaku bahagia dan bangga karena seluruh pimpinan yang ada di Kabupaten Dompu dapat hadir. 


"Saya juga mengucapkan terima kasih dan bangga kepada seluruh warga Kadindi Barat yang telah menunggu kedatangan kami. Dan pada kesempatan ini juga saya tidak akan datang dengan tangan hampa melainkan saya membawa bantuan untuk pembangunan masjid ini. Adapun bantuan untuk masjid Nurul Yakin ini sebanyak Rp.100 juta," kata AKJ yang disambut dengan tepuk tangan gembira para hadirin.


Selanjutnya Bupati AKJ mengajak kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dari tahun tahun sebelumnya.

 
Bupati dalam kesempatan ini  menyampaikan beberapa pekerjaan dan program yang telah dilaksanakan untuk Kecamatan Pekat selama 2 tahun kepemimpinannya. Di antaranya, pelayanan infrastruktur ruas jalan Pancasila - Kadindi sudah mulus, pelayanan air bersih, pelayanan pengeboran air dangkal dari dinas Pertanian dan Perkebunan serta pengeboran air dalam untuk peningkatan keberhasilan pengembangan peternakan di wilayah Kecamatan Pekat. Beberapa ruas jalan Desa pada Tahun 2023 ini juga akan segera dikerjakan.

"Saya memohon untuk masyarakat Kecamatan Pekat agar bersabar karena program kami bukan untuk masyarakat Kecamatan Pekat saja melainkan ada 7 Kecamatan lainnya yang harus kami penuhi program," bebernya.


Di akhir sambutannya, Bupati mendoakan mudah mudahan semua masyarakat Dompu mendapatkan Rahmat dan Ridha Allah SWT. 

Selanjutnya Bupatm penyerahkan bantuan uang sebesar Rp.100 juta yang diterima oleh ketua BKM Masjid Nurul Yakin dan penyerahan bingkisan kepada para lansia. 

Acara dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ketua Umum MUI Kabupaten Dompu Drs.H. Mokh Nasuhi, M.Si. 

Dalam tausiyahnya, KH. Nasuhi menerangkan bahwa menjadi pemimpin itu tidak ringan. 

"Maka dalam menjalankan kepemimpinannya ia harus punya rasa tanggung jawab besar terhadap wilayah yang dipimpinnya," ujarnya.

Pengawas Madrasah di Kemenag Dompu ini mengutip sebuah kisah tentang Khalifah Umar Bin Khattab RA. Dalam menjalankan roda pemerintahannya, Khalifah Umar bin Khattab RA mengingatkan diri dengan bertutur: "Seandainya seekor keledai terperosok ke sungai di kota Baghdad, niscaya Umar akan dimintai pertanggungjawabannya dan ditanya mengapa tidak memperbaiki jalan untuknya?’.

"Maka Islam menekankan melalui hadits Nabi Kullukum Ra'In Wakullukum Mas'ulun An Ra'iyyatih. Setiap orang itu adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpinnya," urainya

Dikatakannya Kadindi yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Dompu harus mendapatkan porsi yang sama dalam pembangunan di Bumi Nggahi Rawi Pahu. Sehingga safari ramadhan yang mengambil tempat di masjid Nurul Yakin adalah bagian dari upaya pemerintah untuk melihat dari dekat pembangunan yang ada di ujung barat Dompu ini.


Wartawan senior ini menerangkan pula kehadiran Bupati dan rombongan di Kecamatan Pekat dalam Safari Ramadhan ini adalah bagian dari berkah hadirnya Ramadhan. 

"Karena diakui, Ramadhan memiliki keutamaan. Dari kajian kata RAMADHAN saja bisa dibedah setiap hurufnya," sebutnya.

Diterangkannya 
Huruf Ra yakni Rahmat yang berarti Bulan Ramadhan itu bertabur kasih sayang dan Rahmat Allah.
Huruf kedua Mim artinya Maghfirah yakni bulan ampunan. 

"Dan kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk memohon ampunan dari Allah Ta'ala," ajaknya.

Ketiga huruf Dhad yakni bulan Ramadhan adalah bulan Dhiya' yang berarti cahaya. 

"Bulan ini Al-Qur'an diturunkan. Maka manfaatkan dengan baik bulan cahaya ini untuk meraih cahaya-cahaya Al-Qur'an," pesannya.


Huruf keempat Alif yakni Iman. Allah memanggil orang beriman untuk berpuasa sebagaimana ayat Alquran Al-Baqarah ayat 183. Dan huruf terakhir nun yang berarti Najah atau kesuksesan. 

"Setelah menjalankan ibadah puasa dengan penuh iman, insya Allah akan diraih kesuksesan dan mendapat kesuksesan sebagai hamba yang bergelar takwa," paparnya. 

Dalam kegiatan Safari Ramadan di Kecamatan Pekat ini, pada Jumat sore tersebut, Bupati AKJ didampingi Ketua DPRD dan para pimpinan OPD menyempatkan untuk meninjau program kegiatan beberapa OPD. Antara lain pembangunan irigasi dan penggalian sumur bor serta kegiatan rawat ratoon (pemeliharaan) tebu seluas 100 Ha di Desa Beringin Jaya. Juga dilakukan serah terima motor roda tiga bagi petani tembakau di desa tersebut. (emo).