Perkuat Kemitraan, Kepala BNPB Terima Audiensi Ketua Umum Senkom Mitra Polri

Kategori Berita

.

Perkuat Kemitraan, Kepala BNPB Terima Audiensi Ketua Umum Senkom Mitra Polri

Koran lensa pos
Rabu, 01 Maret 2023

 

Jakarta, Lensa Pos NTB - Ketua Umum Senkom Mitra Polri H. Katno Hadi didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Nedy Wilbhara dan jajarannya beraudiensi ke kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Kunjungannya itu diterima Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos,MM berserta jajarannya di ruang kerjanya, Selasa (28/2).

Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M. mengatakan Senkom Mitra Polri merupakan mitra strategis BNPB dalam menanggulangi kebencanaan. Menurutnya, sinergi dan kolaborasi BNPB dan Senkom Mitra Polri harus terus ditingkatkan.

"Kami meminta kepada Senkom Mitra Polri untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi dalam menangani bencana. Terlebih saat ini cuaca ekstrem sedang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia," ujarnya.

Ia mengapresiasi kinerja Senkom Mitra Polri dalam berbagai bidang khususnya dalam menanggulangi kebencanaan. Menurutnya, ketika terjadi bencana, Senkom cepat merespon dan tanggap memberikan bantuan kepada korban bencana. 


"Mudah-mudahan kedepannya bisa selalu bekerjasama baik secara personal maupun institusi," ungkapnya. 


Sementara itu, Ketua Umum Senkom Mitra Polri Katno Hadi mengatakan, Senkom memiliki lima mitra strategis kementerian dan lembaga termasuk BNPB.


"Kami tadi menyampaikan kepada Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M. bahwa Senkom adalah mitra strategis BNPB kaitannya dengan kebencanaan. Ia menginstruksikan ketika ada keadaan gawat darurat Senkom menjadi garda terdepan yang menjadi relawan BNPB," ungkapnya. 


Ia menambahkan, Senkom Mitra Polri sudah ada di seluruh Indonesia. Ia mendorong jajarannya untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan mitra strategis yang ada di wilayah tersebut. 


"Senkom ini keberadaannya sudah ada di seluruh Indonesia, dimana senkom bidang Rescue sering mendapatkan pembekalan dari BNPB terkait bagaimana cara untuk berkoordinasi, penanganannya, hingga sampai tugas itu tuntas. Kita selama ini sudah berkoordinasi baik dengan BNPB dari tingkat hingga BPBD Provinsi dan kabupaten/kota," tambahnya. 


Terkait pembekalan, Katno Hadi menambahkan, Senkom telah mengadakan webinar tentang mitigasi bencana hidrometeorologi bekerjasama dengan Guru Besar Kebencanaan sekaligus mantan Kepala BNPB 2008-2015 Mayjen TNI (Purn) Prof Syamsul Ma'arif dan juga Sekretaris Utama (Sestama) BNPB Lilik Kurniawan. "Mereka memberikan materi sangat gamblang kaitannya dengan mitigas bencana," paparnya.


Katno Hadi mengimbau kepada seluruh anggotanya untuk selalu waspada terhadap lingkungan. Sesuai dengan slogan "Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan".


 "Artinya Senkom dimanapun harus selalu siaga dan selalu siap untuk mengamankan kebencanaan dan membantu pemerintah menciptakan Kamtibmas," tutupnya. (TIM)