Cegah DBD, Babinsa Calabai Imbau Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

Kategori Berita

.

Cegah DBD, Babinsa Calabai Imbau Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

Koran lensa pos
Kamis, 23 Maret 2023

 

Kegiatan Komsos Babinsa Calabai bersama warga binaan 



Dompu, koranlensapos.com - Cuaca ekstrem ditandai dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi berdampak pada gangguan kesehatan masyarakat. Salah satu yang patut diwaspadai adalah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti.

Nyamuk tersebut suka berkembang biak pada genangan-genangan air hujan.

Untuk mencegah penyebaran penyakit berbahaya tersebut, Babinsa Desa Calabai, Sertu Sudarno menyampaikan imbauan kepada masyarakat binaannya agar menjaga kebersihan lingkungan.

"Saluran air harus kita bersihkan. Jangan biarkan ada air tergenang. Gelas-gelas dan botol bekas supaya dikuburkan dalam tanah agar tidak menjadi sarang tempat perkembangbiakan jentik-jentik nyamuk pembawa penyakit DBD," pesan Babinsa saat melaksanakan kegiatan komsos bersama  warga binaan di Susun Calabai, Selasa (21/3/2023) pukul 09.00 Wita.

Menurut Babinsa mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka upaya-upaya pencegahan harus dilakukan untuk mengantipasi timbulnya penyakit DBD maupun malaria.


Babinsa mengingatkan warga agar tetap memakai alas kaki (sepatu boot) dan kaos tangan pada saat kerja  membersihkan saluran air. Demikian pula saat bekerja memetik jagung di ladang untuk mengantisipasi adanya serangan ular atau kala jengking.


Selanjutnya Babinsa mengajak warga binaan agar selalu menjalin tali silaturahmi di antara sesama. Semangat gotong royong harus terus dihidupkan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. (emo).