Jumat Berkah, Wabup dan Dandim Kunker ke Manggelewa dan Kilo

Kategori Berita

.

Jumat Berkah, Wabup dan Dandim Kunker ke Manggelewa dan Kilo

Koran lensa pos
Sabtu, 18 Februari 2023

 

Kegiatan Jumat Berkah Wabup dan Dandim 1614/Dompu di Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa dan Desa Taropo Kecamatan Kilo, Jumat (17/2/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT bersama Komandan Kodim 1614/Dompu, Letkol Kav. Taufiq, S. Sos melaksanakan Kegiatan Jumat Berkah.


Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Dompu Aris Ansyari, ST., MT, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Muhammad Syahroni, SP., MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Agus Salim, S. Sos, Kabag Prokopim Setda Dompu Yani Hartono, SP,  Pasi Intel Kodim 1614/Dompu Kapten Inf. Adisan, Danramil 04/Kilo Lettu Inf Hamzah, Kapolsek Kilo Ipda Eka Farma, SH, Camat Kilo Ibu Dra Siti Nurnaimah, Kapolsek Manggelewa IPTU Ramli, SH, Camat Manggelewa Syaiful Arif,  M. Pd, Babinsa Desa Doro Melo Serma Suherman, Bhabinkamtibmas Aipda Erdan, Kepala Desa Doro Melo Supardin Abdullah, Kepala Desa Taropo Bapak Abdurahman, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.


Kegiatan diawali dengan melaksanakan Ibadah Sholat Jumat di Mushola Al-Sidik Desa Doro Melo. Selanjutnya rombongan menuju Desa Taropo Kecamatan Kilo.

Rombongan tiba di Masjid Nurul Iman Dusun Balumba Jaya Desa Taropo Kecamatan Kilo pada pukul 14.30 Wita untuk mengikuti kegiatan Isra Mi'raj.


 Inti dari memperingati Isra Mi'raj ini adalah Nabi Muhammad SAW menerima perintah Shalat yang awalnya 50 hingga menjadi 5 waktu. Kita diperintahkan untuk mengerjakan Shalat 5 waktu sehari semalam yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta sebagai kewajiban dan mensyukuri nikmat yang diberikan," kata Wabup.

Dikatakannya salah satu nikmat Allah adalah diturunkan hujan sebagai rahmat-Nya. Dengan adanya air hujan, masyarakat dapat bercocok tanam di lahan-lahan pertanian. Saat ini di Kabupaten Dompu dipenuhi dengan tanaman jagung. Namun demikian, Wabup mengingatkan agar selalu menjaga kelestarian alam.



"Kami tidak melarang masyarakat untuk menanam jagung tapi kita harus juga menjaga kelestarian alam janganlah sampai gunung menjadi gundul," ujarnya.


Lebih lanjut Wabup menegaskan 
 Pemerintah sudah mengeluarkan Surat Edaran Tentang Pemberlakuan Jam Malam Bagi Anak-anak Remaja.


"Tujuannya untuk menyelamatkan anak-anak kita. Mengantisipasi terjadinya kegiatan-kegiatan yang bersifat negatif seperti pemanahan  miras, narkoba dan lainnya," ucap Wabup.



Disampaikan Wabup, ada 7 Program yang akan dikerjakan di Desa Taropo dengan anggaran sekitar Rp. 2,4 Miliar rupiah yang meliputi Irigasi, Pengeboran air, Hortikultura, Jalan lintas Taropo ke Kilo, dan Rehabilitas Pustu Desa.


"Kegiatan yang belum terlaksana Insya Allah akan kita lanjutkan pada tahun-tahun selanjutnya. Do'akan semoga semuanya dapat berjalan dengan lancar," kata Wabup.


Selanjutnya Wabup menyerahkan bingkisan kepada panitia lomba, Widya.


Setelah itu penyampaian ceramah agama tentang Hikmah Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW oleh Wakil Ketua Baznas Kabupaten Dompu, HM. Yakub H. A. Wahab. (emo).