Ini Imbauan Babinsa Rasabou Kepada Petani dan Peternak

Kategori Berita

.

Ini Imbauan Babinsa Rasabou Kepada Petani dan Peternak

Koran lensa pos
Senin, 27 Februari 2023

 

Babinsa dan Bhabinkamtibmas mendampingi Kades Rasabou dalam proses mediasi antara petani dan peternak di Dusun Wadu Na'e


Dompu, koranlensapos.com - Ternak memasuki lahan pertanian dan merusak tanaman jagung kerap kali terjadi. Hal itu tentu saja membuat para petani menjadi resah dan gelisah. Harapan akhirnya berubah jadi kekecewaan. 

Kasus.yang sama kembali terjadi di Desa Rasabou Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu. Beberapa ekor sapi milik peternak merusak tanaman jagung petani. Hal itu memicu perselisihan antara kedua belah pihak. 

Kepala Desa didampingi Babinsa Koptu Yahya dan Bhabinkamribmas akhirnya turun tangan menengahi.

Dalam arahannya Babinsa menegaskan agar kedua belah pihak tidak merasa diri paling benar dan menyalahkan pihak lain.

"Semuanya bersalah. Seharusnya petani memagari lahannya dan seharusnya peternak mengikat dan mengandangkan hewan ternaknya," kata Babinsa.

Babinsa menjelaskan masih banyak petani tidak mempedulikan aturan pemagaran lahan. Di sisi lain banyak peternak yang membiarkan hewan ternaknya berkeliaran.

"Ini semuanya salah. Petani harus memagari lahannya agar ternak tidak masuk dan peternak harus mengikat atau mengandangkan ternaknya. Jangan melepas hewan ternak berkeliaran," pintanya.


Permasalahan tersebut setelah melalui proses mediasi akhirnya   tercapai kesepakatan damai dengan catatan, petani memagari lahannya dengan benar dan peternak mengikat ternaknya di kandang. (emo).