Ronda Malam di Patula Timur, Babinsa Malaju Beri Arahan Khusus Pada Remaja

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Ronda Malam di Patula Timur, Babinsa Malaju Beri Arahan Khusus Pada Remaja

Koran lensa pos
Sabtu, 21 Januari 2023

 

Babinsa Malaju memberi wejangan khusus pada para remaja di Dusun Patula Timur



Dompu, koranlensapos.com - Masa remaja adalah masa transisi (peralihan). Sebelumnya masih tergolong usia anak dan setelahnya akan memasuki jenjang usia dewasa.

Di masa ini terjadi perubahan secara fisik maupun psikis. Mereka mulai ingin menunjukkan jati dirinya yang tidak mau dianggap anak-anak lagi. Tetapi pada kondisi ini masih labil karena belum memiliki kematangan jiwa yang baik sehingga mudah terombang-ambing oleh berbagai pengaruh. Bila dipengaruhi dengan hal negatif pun akan mudah ikut arus.

Hal demikian menjadi atensi Babinsa Desa Malaju Koramil 1614-04/Kilo, Sertu Lukman. Saat melaksanakan kegiatan ronda malam dan kongkow-kongkow bersama warga desa binaan di Dusun Patula Timur pada Jumat malam.(20/1/2023) pukul 21.00 Wita, 
Babinsa menberikan arahan khusus pada remaja binaan.

Babinsa menekankan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan obat-obatan yang mengandung zat adiktif lainnya. Demikian pula bahaya mengonsumsi minuman keras serta aksi liar balap motor serta kasus-kasus pemanahan yang melibatkan remaja sebagai pelaku, saksi maupun korban.

Untuk menghindari semua itu, Babinsa menekankan agar menjauhi pergaulan bebas yang mengarah pada perilaku negatif. Salah satunya adalah keluyuran di malam hari tanpa arah dan tujuan yang jelas.

"Apabila sudah larut malam segara kembali istirahat dan jangan begadang yang tidak ada artinya," kata Babinsa.

Tidak lupa Babinsa menyampaikan arahan kamtibmas. Para remaja dapat berpartisipasi menjaga keamanan. untuk menciptakan kondisi lingkungan yang aman.

"Apabila ada hal-hal yang menonjol,  segera melaporkan ke Babinsa atau Kepala Dusun setempat," pintanya. 

Babinsa mengarahkan pula kepada para remaja agar senantiasa mematuhi perintah orang tua dan guru. Manfaatkan waktu untuk kegiatan-kegiatan positif. Belajar yang giat agar bisa meraih cita-cita. 

"Jangan sia-siakan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat," pesannya. (emo).