Warga Blokade Jalan di Desa Daha, Personel Polres Dompu Berhasil Atasi Kericuhan

Kategori Berita

.

Warga Blokade Jalan di Desa Daha, Personel Polres Dompu Berhasil Atasi Kericuhan

Koran lensa pos
Rabu, 28 September 2022

 

Kegiatan pengamanan aksi massa di Desa Daha Kecamatan Hu'u oleh personel Polres Dompu, Selasa (27/09/2022)



Dompu, koranlensapos.com - Ketidakpuasan warga terkait rekrutmen pekerja oleh salah satu perusahaan yang merupakan salah satu kontraktor pada PT. STM, berbuntut pada pemblokiran jalan di Desa Daha Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu. Peristiwa itu terjadi pada Selasa sore (27/09/2022) sekitar pukul 19.00 Wita.

Kehadiran personel Polres Dompu yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Iwan Hidayat, S. IK berhasil mengatasi kericuhan yang sempat terjadi di TKP sehingga situasi kembali kondusif.

Kasunsi Humas dan Oenmas Polres Dompu,, AIPTU Hujaifah mengungkapkan saat berlangsungnya pemblokiran jalan, personel Polres Dompu yang mengamankan jalannya aksi tersebut telah melewati beberapa tahapan dengan melakukan penggalangan dan komunikasi yang baik terhadap warga, namun tidak membuahkan hasil, sehingga dilakukan upaya paksa untuk membuka kembali jalan raya yang diblokir warga.

Saat dilakukan upaya paksa, massa sempat melakukan perlawanan dengan melakukan pelemparan terhadap personel Polres Dompu. Akibat pelemparan itu, salah satu anggota Polres Dompu Aipda Syaiful mengalami luka robek pada bagian kepala.

Aksi warga Desa Daha yang melukai anggota Polres Dompu tersebut rupanya memantik kemarahan desa tetangga yakni Desa Hu'u. Diketahui, anggota Polri yang menjadi korban pelemparan tersebut merupakan warga asli Desa hu'u, sehingga kedua warga Desa itu sempat bersitegang dan bentrok mengakibatkan beberapa warga dari kedua desa terluka.

Insiden tersebut tidak berlangsung lama berkat kesigapan dan kerja keras personel Polres Dompu yang berupaya menengahi kedua kubu yang bertikai.

Kapolres Dompu membenarkan adanya insiden tersebut, setelah dilakukan mediasi dengan beberapa tokoh masyarakat dan pemuda dari kedua desa situasi pun berangsur pulih dan kondusif.

"Awalnya memang ada pemblokiran jalan atas ketidakpuasan warga Desa Daha dalam perekrutan tenaga kerja oleh salah satu PT dan kemudian merembet pada kisruh warga Desa Hu'u dan Daha, namun semuanya tidak berlangsung lama dan bisa teratasi, kini situasi sudah kembali kondusif, " papar Kapolres.

Dilanjutkan Kapolres, untuk pengamatan dan pengontrolan lebih lanjut terkait perkembangan situasi , ditempatkan personel untuk penguatan Polsek Hu'u guna memastikan situasi benar benar aman.

"Saat ini situasi kecamatan Hu'u kami pastikan aman dan kondusif," pungkasnya. (emo).