Aneka Menu Buka Puasa Depan Taman Kota Dompu Diserbu Pembeli

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Aneka Menu Buka Puasa Depan Taman Kota Dompu Diserbu Pembeli

Koran lensa pos
Rabu, 06 April 2022

 


Dompu, koranlensapos.com - Selama bulan suci Ramadan 1443 H ini, Dinas Koperasi dan UKM bersinergi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Dompu menyiapkan lapak-lapak penjualan menu berbuka puasa sore hari bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Dompu.

Lokasi yang disediakan adalah di depan Taman Kota Dompu. Sehingga sebagian dari badan jalan tidak bisa dilalui kendaraan bermotor karena ditempati oleh lapak-lapak UMKM tersebut.

Pantauan langsung media ini, aneka menu berbuka puasa yang dijajakan oleh para pelaku UMKM tersebut diserbu pembeli untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Arie Priyono selaku Koordinator UMKM yang ditemui media ini menyampaikan bahwa ada sekitar 20 pelaku UMKM yang menjual menu berbuka puasa. 

"Sebenarnya yang terdaftar 30 tapi yang mengisi sekitar 20-an saja," kata Arie.

Dijelaskan Arie bahwa semua menu yang dijual oleh para pelaku UMKM bersumber dari olahan bahan pangan lokal dan dengan harga terjangkau.

"Bukan hanya menu takjil yang disiapkan di sini tapi ada juga sayur, ikan, abon, dan lain-lain. Semuanya berbahan dasar lokal asli bukan impor," ucapnya.

Dikemukakan Arie bahwa kegiatan usaha perekonomian bertajuk "Bazar Ramadan UMKM JARAPASAKA" selama bulan puasa tersebut sangat positif untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat khususnya para pelaku UMKM. Karena itu ia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang menginisiasi dan memfasilitasi tempat bagi para pelaku UMKM. Arie juga berharap seterusnya di luar bulan Ramadan, Pemerintah juga diharapkan dapat menyiapkan pasar bagi para pelaku UMKM yang mudah dijangkau oleh pembeli.

Salah satu pelaku UMKM, Nur Syamsiah mengemukakan bahwa kegiatan usaha ini bisa menguatkan pondasi perekonomian bagi masyarakat yang sedang dilanda pandemi Covid -19 yang berkepanjangan ini, belum lagi harga gabah yang anjlok. Omset penjualan per orang bisa mencapai satu juta rupiah ke atas.

"Alhamdulillah dampaknya besar roda perekonomian kita berputar. Itu dulu poinnya yang penting saat ini. Geliat ini bisa menggerakkan roda ekonomi para pelaku UMKM," ucapnya sembari menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu yang telah melakukan kegiatan gelar dagang itu.

Selain di depan Taman Kota Dompu, sebagaimana biasa di bulan Ramadan, di pinggir-pinggir jalan juga banyak  dijual menu berbuka puasa khas lokal. Harganya murah meriah antara 5 ribu sampai 10 ribu. (emo).