Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Muttakun Minta Hotel Wisma Praja Dialihfungsikan Sementara Sebagai Rumah Singgah ODGJ

Senin, 14 Juni 2021 | 9:51 AM WIB Last Updated 2021-06-14T01:51:22Z




Dompu, koranlensapost.com - Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Dompu, Ir. Muttakun meminta agar Wisma Praja dialihfungsikan sementara waktu untuk dijadikan rumah singgah bagi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ).

Politisi Nasdem yang berlatar belakang aktivis dan belakangan fokus memfasilitasi upaya pengobatan bagi ODGJ ini menyebutkan bahwa saat ini ada 802 ODGJ di Kabupaten Dompu yang perlu mendapatkan penanganan. Bahkan beberapa di antaranya ada yang telah bertahun-tahun dipasung oleh keluarganya 

"Pemkab Dompu wajib hadir untuk memberikan perhatian sebagai tanggung jawab negara dalam rangka memanusiakan mereka," ungkap Muttakun.

Di samping itu, lanjutnya ada 3 ODGJ yang telah dinyatakan sembuh serta telah dipulangkan dari RSJ Mutiara Sukma Mataram setelah sebelumnya diberangkatkan untuk mendapatkan perawatan di RSJ tersebut.
Dalam masa transisi yaitu setelah diperbolehkan pulang dan keluar dari RSJ dan sebelum dilepaskan ke keluarga, mestinya 3 ODGJ ini perlu perawatan lanjutan di Rumah Singgah oleh perawat di Dompu.

"Karena tidak ada rumah singgah, maka 3 ODGJ yang dinyatakan sembuh ini seharusnya berpeluang untuk sembuh total namun jika tidak diberikan perhatian dan kasih sayang melalui Rumah Singgah oleh para perawat maka berpotensi besar akan kembali menyandang status ODGJ lagi," jelasnya.


Muttakun mengatakan keinginan alih fungsi ini akan segera diungkap dan diangkat dalam Rapat Dengar Pendapat di DPRD terkait penanganan ODGJ secara terpadu lintas sektor dalam waktu dekat yang akan mengundang dan menghadirkan Sekda, Dikes, Dinas Sosial, Dinas PMPD, Direktur RSUD, Kepala BPJS, Kepala Puskesmas dan Ketua Asosiasi Kepala Desa.

"Semoga Bupati Dompu dan mitra yang hadir dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) nanti satu suara untuk mendukung secara penuh alih fungsi sementara penggunaan Hotel Wisma Praja sebagai Rumah Singgah ODGJ," ujarnya penuh harap. 

Ia mengemukakan alih fungsi sementara ini merupakan bentuk kepedulian, perhatian dan kasih sayang pemerintah kepada ODGJ yang sudah lama tercampakkan oleh tidak adanya rasa kepedulian dari pemerintah selama ini.

*Mereka ODGJ adalah manusia, sudah sepantasnya kita yang sehat ini memberikan perhatian dan kasih sayang kepada mereka," ucapnya. (emo).
×
Berita Terbaru Update