Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

UPTD Puskesmas Dobar Gelar Rakor Lintas Sektor

Selasa, 09 Maret 2021 | 8:54 AM WIB Last Updated 2021-03-09T00:54:58Z

 


Dompu, koranlensapost.com - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Dompu Barat, Senin (8/3/2021) menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor terkait dengan agenda Vaksinasi Covid -19.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Laberka Dompu yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Maman, S. KM., M. Kes.


Hadir pada acara tersebut Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu Maman, S. KM., M. Kes, Danramil 1614-01/Dompu Kapten Inf. Muh. Yamin, Kapolsek Woja IPDA Abdul Haris, Camat Woja Suherman, S. Pt, Danposramil Woja, Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Woja, perwakilan KUA Kecamatan Woja dan tenaga kesehatan se Kecamatan Woja.

"Rapat lintas sektoral ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Dompu Barat untuk menggalang komitmen pengorganisasian di lintas sektor," jelas Kepala UPTD Puskesmas Dompu Barat Mujakir, S. KM.
Dikatakannya Rakor Lintas Sektor dimaksudkan untuk mengevaluasi permasalahan kesehatan yang terjadi pada tahun 2020 dan pada awal tahun 2021 serta penanganan yang telah dilakukan.


Mujakir mengemukakan selama tahun 2020 penanganan kesehatan di Kecamatan Woja mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
Contohnya tidak ada kasus kematian ibu melahirkan empat tahun terakhir dan terjadinya penurunan kasus stunting yang cukup besar dari 40 % menjadi 20 %.


Namun di sisi lain yang patut menjadi perhatian bersama adalah terjadinya peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di awal tahun 2021 ini. 
Mujakir menyebut di Kecamatan Woja telah ada 23 kasus DBD. Sebagian pasien dirujuk ke RSU Dompu dan sebagian dirawat di Puskesmas Dompu Barat.
"Harapan kami untuk pencegahan DBD adalah masyarakat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat," pintanya.




Pada kesempatan tersebut juga membahas tentang Vaksinasi Covid -19.bagi ASN yang akan dilaksanakan mulai hari Rabu (10 Maret 2021).

"Vaksinisasi mulai dilaksanakan pada hari Rabu 10 Maret 2021 di Puskesmas Dompu Barat untuk ASN, Pejabat Negara, Polisi, TNI, Tokoh Agama, maupun pedagang-pedagang pasar," paparnya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan Penandatanganan Komitmen Bersama untuk siap mendukung penuh program vaksinasi tahap II (ASN dan Masyarakat) dan masalah-masalah kesehatan lainnya. (AMIN). 


×
Berita Terbaru Update