Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

KNPI Minta Pemda Dompu Lakukan Test Urine Rutin Bagi ASN dan Honorer Daerah

Jumat, 15 Januari 2021 | 7:05 AM WIB Last Updated 2021-01-14T23:07:46Z
              Ketua DPD KNPI Kab. Dompu 
                       Syarifuddin, S. Pd.I 


Dompu, koranlensapost.com - DPD KNPI Kabupaten Dompu meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu untuk melakukan test urine secara rutin kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPD KNPI Kabupaten Dompu Syarifuddin, S. Pd.I saat menjadi narasumber dalam Acara Seminar Anti Narkoba yang terselenggara atas kerja sama DPD KNPI Kabupaten Dompu dengan HMI Cabang Dompu di Gedung Pemuda Dompu, Kamis (14/1/2021). Acara itu diikuti sekitar 100 orang pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Dompu.

Harapan itu disampaikan Syarif sebagai bentuk keprihatinan terhadap kondisi  daerah saat ini yang berada dalam kondisi darurat narkoba. 

"Narkoba di Dompu sudah sangat menghawatirkan. Hampir setiap hari berita tentang penangkapan tersangka penjual dan pemakai narkoba. Masyarakat melaporkan betapa mudahnya transaksi narkoba dilakukan di tengah masyarakat, di Kelurahan Bali Satu, di Kelurahan Bada, di Desa Matua, di Desa Madaprama, sampai di Kecamatan Hu'u, Kempo, dan Pekat," ujarnya.

Ia menegaskan untuk membebaskan Dompu dari narkoba, tidak bisa hanya mengandalkan aparat penegak hukum. Tetapi semua harus bersinergi. 
"Pemuda harus mengambil peran. Tokoh agama dan masyarakat juga harus mengambil peran. Pemerintah juga demikian," tandasnya.

Dikatakannya untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan barang haram tersebut, harus dimulai dari komitmen pemerintah daerah untuk membersihkan seluruh aparaturnya dari pengaruh narkoba. Salah satu upaya konkret yang harus dilakukan oleh Pemda adalah dengan melakukan test urine bagi seluruh ASN.

"Khusus untuk pemerintah, sebagai langkah awal pencegahan, bisa melakukan tes urine rutin kepada semua pegawainya, dari pejabat sampai honorer daerah. Kalau bisa sebulan sekali," pintanya.

Syarif berjanji bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Bupati Dompu terpilih untuk mengusulkan test urine bagi para ASN dan Honorer Daerah. 

Selain itu, sebagai upaya pemuda di dalam membantu pihak kepolisian dan BNN dalam pemberatasan narkoba, maka DPD KNPI Kabupaten Dompu pada tahun 2021 ini akan membentuk posko-posko anti narkoba yang akan melaporkan bila ada aktivitas yang patut dicurigai sebagai peredaran maupun penyalahgunaan narkoba. Di sekolah-sekolah juga akan dibentuk Duta Anti Narkoba. (AMIN).


×
Berita Terbaru Update