Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Peduli Lingkungan, PT. Pegadaian Sumbang 60 Bak Sampah Untuk Kawasan Wisata di Dompu

Selasa, 10 November 2020 | 8:13 AM WIB Last Updated 2020-11-10T00:30:14Z


Dompu, koranlensapost.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian dan kebersihan lingkungan, maka PT. Pegadaian (Persero) Area Dompu menyumbangkan bak sampah untuk kawasan wisata pantai di Kabupaten Dompu. Ada 60 bak sampah yang disumbangkan. Yakni untuk ditempatkan di Pantai Lakey di Desa Hu'u Kecamatan Hu'u sebanyak 20 unit, Pantai Wadu Jao di Desa Jambu Kecamatan Pajo 20 unit serta Pantai Ria di Desa Riwo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu sejumlah 20 unit dengan nilai sekitar Rp. 100 juta.



Penyerahan secara simbolis dilaksanakan langsung oleh Pemimpin Wilayah VII Denpasar Nuril Islamiyah di Lokasi Pantai Ria, Senin (9/11/2020) pukul 10.00 Wita kepada Kepala Desa Riwo Arifin, Kades Jambu Muhtar serta Kades Hu'u yang diwakili oleh Ketua  Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). 

Penyerahan itu disaksikan pula oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu H. Albuhaerum yang mewakili Bupati Dompu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu H. Khaerul Insyan, Ketua Dompu Gowes Community (DGC) Gatot Gunawan, Kabag Protokol Pimpinan Daerah Setda Dompu Muhammad Iksan dan Kabag Hukum Furkan, SH., MH.



Sementara Pejabat Pegadaian yang hadir Deputi Bisnis Area Dompu (Pulau Sumbawa) I Made Sriada, Kepala Departemen Gadai Ali Murteja, Kepala Departemen Non Gadai I Made Suralaksana dan seluruh jajaran Pemimpin Cabang Pegadaian Dompu Bima.


Pemimpin Wilayah VII Denpasar Nuril Islamiyah mengemukakan sumbangan bak sampah dengan tema "Memilah Sampah Menabung Emas" ini adalah program Corporate Social Rensposibility (CSR) PT. Pegadaian (Persero) untuk yang  ke sekian kalinya di Kabupaten Dompu.



"Harapannya bantuan tempat sampah ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan mendukung Gerakan Indonesia Bersih. Diharapkan timbul kesadaran dari diri masyarakat untuk ikut menjaga keberadaan tempat sampah ini," pintanya.


Dikatakannya bantuan tempat sampah ini adalah inisiasi dari Dompu Gowes Community yang didukung oleh Desa Kawasan Wisata karena saat olahraga bersepeda melihat langsung kondisi di berbagai lokasi wisata masih sangat minim keberadaan tempat sampah. Keprihatinan DGC Dompu dan para pegiat kebersihan.lingkungan direspon segera oleh PT. Pegadaian (Persero) Area Dompu dengan menyumbangkan 60 bak sampah untuk ditempatkan pada 3 lokasi wisata di atas.



"Eksistensi DGC sangat positif bagi perkembangan pariwisata Dompu dengan seringnya komunitas ini berpromosi  mengenai Dompu di media sosial," ujarnya.


Dilanjutkan Nuril, selain menyumbangkan bak sampah, PT. Pegadaian (Persero) juga lebih dahulu telah berkontribusi dalam mewujudkan BANK sampah dengan menyediakan fasilitas motor roda 3, bangunan, komputer dan lainnya.


"Ini sebagai bentuk Pegadaian Peduli Gerakan Indonesia Bersih khususnya di Kabupaten Dompu," ulasnya sembari mengajak seluruh elemen masyarakat peduli dan berperilaku sadar lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan dan tidak meninggalkan sampah di tenpat wisata.

Nuril juga berharap bak-bak sampah itu supaya dimanfaatkan dan dijaga dengan baik.



Bupati Dompu melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) H. Albu Hairul, M.Si  menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Pegadaian (Persero) Area Dompu yang telah memberikan bantuan bak sampah di tempat wisata di Dompu. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan terhindar dari pencemaran akibat pembuangan sampah sembarangan. 

Disebutnya PT. Pegadaian (Persero) Area Dompu selama ini telah eksis membantu pemerintah dan masyarakat. Salah satunya dalam bidang lingkungan yakni dalam bentuk bank sampah dan bak sampah.

"Ini selaras dengan program Nasional untuk menuju Gerakan Indonesia Bebas Sampah tahun 2023," 




Dijelaskannya di Kabupaten Dompu saat ini telah ada 28 Bank Sampah, namun yang sudah berjalan efektif baru 13 Bank Sampah.


"Mohon ke depannya untuk Bank Sampah yang lain, supaya bisa dibantu lagi," harapnya


Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu H. Khairul Insyan  mengakui kontribusi nyata PT. Pegadaian (Persero) Area Dompu. 

"Terbukti, hampir pada semua event yang digelar, baik bantuan berupa sepanduk dan sebagainya tetap direspon baik," tuturnya.


Ketua DGC Gatot Gunawan menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga atas respon cepat dan positif PT. Pegadaian (Persero) Area Dompu dalam mewujudkan bak sampah. 

"Kami salut dan berterima kasih kepada PT. Pegadaian yang telah menyediakan bak sampah ini. Semoga masyarakat Dompu semakin sadar dengan kebersihan lingkungan dengan membuang sampah di tempat yang telah disediakan," pungkasnya. (AMIN).


×
Berita Terbaru Update