Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

BIAYA PELAYANAN KESEHATAN DIJAMIN SEPENUHNYA OLEH JKN-KIS

Senin, 02 November 2020 | 7:22 PM WIB Last Updated 2020-11-02T11:22:55Z



Bima, koranlensapost.com - Langkah awal untuk menjaga kesehatan kita yaitu dengan memproteksi diri memiliki jaminan kesehatan. Dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Kesehatan), masyarakat tidak perlu khawatir saat akan medapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, karena biaya pelayanan kesehatan telah dijamin oleh program JKN-KIS selama pesertanya mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Kisman (33) warga asal Desa Rasabou Kecamatan Sape merupakan salah satu peserta JKN-KIS dari Segmen Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri yang selalu berupaya menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Karena baginya, memiliki jaminan kesehatan bukan alasan untuk tidak memperhatikan kesehatan diri.

“Bersyukur sekali saat ini diberikan kesehatan dan bisa bayar iuran rutin. Jangan menunggu sampai terlambat kalau urusan iuran, kita yang kena dampaknya juga nanti. Kita harus rutin bayar iuran karena sakit bisa datang kapan saja dan tidak mengenal waktu,” ujarnya.

Ia pun menceritakan saat istrinya menggunakan jaminan kesehatan dari program JKN-KIS “Dulu istri saya pernah menjalani rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Bima selama 5 hari. Dari awal pengurusan administrasi, pelayanan yang didapatkan sangat baik dan tidak ada kendala sama sekali, sarana dan prasarana yang ada juga sudah cukup baik,” ungkap Kisman.

Ia pun menambahkan “Saya merasa bahagia dan terbantu sekali dengan Program JKN-KIS. Kalau tidak menjadi peserta JKN-KIS, di mana saya mencari uang untuk biaya pengobatan istri saya waktu itu. Bersyukur semua biaya dijamin sepenuhnya oleh program JKN-KIS tanpa ada iur biaya satu rupiahpun,” tambahnya

Kisman berpesan agar masyarakat Indonesia yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, agar segera mendaftarkan diri beserta keluarga, baik dari kalangan pekerja ataupun wirausaha yang lain. Karena selain besaran iurannya yang terbilang tidak begitu memberatkan, Program JKN-KIS juga bisa membuka akses masyarakat ke layanan kesehatan yang lebih baik.

Menutup pembicaraan, Kisman menyampaikan harapannya agar Program JKN-KIS semakin mendapatkan dukungan dari seluruh masyarakat dan pemerintah supaya dapat terselenggara dengan baik sehingga kesehatan seluruh masyarakat dapat terjamin. (LP-01).

×
Berita Terbaru Update