Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Selain Jagung dan Tebu, Pemda Dompu Kembangkan Tanaman Porang

Selasa, 27 Oktober 2020 | 5:03 PM WIB Last Updated 2020-10-27T09:03:49Z


Dompu, Lensa Pos NTB - Porang akan menjadi komoditi andalan bagi Bumi Nggahi Rawi Pahu, selain jagung dan tebu.  

Dikutip dari Baprokopim Pemda Dompu, kerjasama pengembangan tanaman porang dimaksud dalam tahap awal akan dikembangkan seluas lebih kurang 14 hektar dengan berbagai pihak terkait dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu. 

Pihak terkait dimaksud adalah Bank BNI 46 Cabang Bima yang juga membawahi Kabupaten Dompu, PT. Agro Wahana Bumi (AWB), dan PT. Banshang Technology Jawa Timur. 

Penandatanganan kerjasama dimaksud dilakukan Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin  bersama pejabat yang mewakili PT. Bank BNI 46 Cabang Bima, PT. Agro Wahana Bumi (AWB) dan PT. Banshang Technologi Jawa Timur, Kamis (03/09/2020) di Ruang Kerja Bupati Dompu. 

Informasi dari Pimpinan PT. Agro Wahana Bumi (AWB)  Pekat,  bahwa tanaman porang sudah tumbuh dengan suburnya di Area Operasional PT. Agro Wahana Bumi yang beroperasi di Kecamatan Pekat dan tanaman porang ini belum banyak dimanfaatkan secara maksimal oleh warga masyarakat. 

Selanjutnya disampaikannya, dengan pola kemitraan sesuai dengan kerjasamana yang ditandatanganinya, PT. Agro Wahana Bumi (AWB) menjadi bapak angkat bagi warga masyarakat yang menanam komoditi porang di area operasional PT. AWB. 

Lebih lanjut dijelaskannya, dengan pola kemitraan dimaksud, tanaman porang ke depannya akan dijadikan komoditi yang bernilai ekonomi tinggi dan memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu. 

Selanjutnya, informasi dari Sekertaris Camat Pekat, Darmawan SE, besarnya animo masyarakat di daerah ini khususnya masyarakat Kecamatan Pekat dalam pengembangan tanaman porang. Pada hari Senin (26/10/2020), dilakukan sosialisasi budidaya tanaman porang oleh Direktur PT. Araymandiri Persada. 

Selanjutnya disampaikan Sekcam yang biasa disapa Dae Darma ini, dalam kegiatan sosialisasi dimaksud menghadirkan pemateri Profesor Bambang Sutejo, Ir. Agus Purwanto, dan Zain Ikhsan dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur di Aula Kantor Camat Pekat.

Mengakhiri penyampaiannya, Sekcam mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dimaksud, diikuti oleh para petani dan kelompok tani dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Pekat. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update