Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kecamatan Woja Gelar Musrenbang

Selasa, 18 Februari 2020 | 1:13 PM WIB Last Updated 2020-02-18T05:46:41Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Woja untuk tahun 2021 dilaksanakan di Aula Kantor Camat Woja, Selasa (18/2/2020) pukul 09.30 Wita.
Ketua Panitia Misro, SP dalam laporannya mengemukakan tujuan pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Woja ini untuk mendukung antar pelaku pembangunan, menjamin adanya integrasi, sinkronisasi
dan sinergi, menjamin keterkaitan dan konsistensi antara Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan dan Pengawasan, serta mengoptimalkan partisipasi masyarakat untuk menjamin
sumberdaya berkeadilan dan berkelanjutan.


Kegiatan yang dibuka oleh Camat Woja, Suherman, S. Pt itu dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Dompu dari Dapil Woja (Muhammad Ikhsan, S. Sos dan Syarifuddin, S. TP), 
Kabid Ekonomi Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, drh. Khairul Akbar, M. Si, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Dompu, Muhammad Ali, SE, Kapolsek Woja, IPDA Abdul Haris, pejabat yang mewakili Danramil 1614-01/Dompu serta perwakilan Organisasi Perangkat Daerah dan para Kepala Desa dan Perangkat Desa.
Camat Woja menerangkan pelaksanaan Musrenbang ini 
mengacu pada UU nomor 25 tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Nasional dan UU 23 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Pada kesempatan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Muhammad Ikhsan, S. Sos menjelaskan perencanaan pembangunan juga memuat perencanaan politis yaitu hasil turun ke lapangan anggota legislatif yang dituangkan dalam Elektronik Pokok Pikiran (E-POKIR) DPRD sebagai basis datanya.

Dikatakannya penguatan kelembagaan yang dilakukannya melalui program Pokir antara lain peningkatan jalan lingkungan, pembuatan drainase, bantuan ternak sapi, ternak kambing, bantuan PAUD, bantuan untuk beberapa lembaga pemberdayaan masyarakat, program peningkatan pembangunan lapangan sepak bola di seluruh kecamatan Woja, Alsintan dan bantuan untuk alat produksi hasil pertanian.

Kabid Ekonomi Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, drh. Khairul Akbar menjelaskan Musrenbang Tingkat Kecamatan untuk perencanaan pembangunan tahun 2021 dilaksanakan di seluruh kecamatan yang dimulai oleh Kecamatan Woja dan Kecamatan Dompu.
Ia berharap usulan perencanaan pembangunan infrastruktur dan non infrastruktur  dalam Musrenbang ini dapat diakomodir dari Dana DAK 2021.

Disebutnya pembangunan infrastruktur difokuskan pada pembangunan jalan, jembatan, talut, bronjong, prasarana air minum, prasarana kesehatan, prasarana pendidikan, pembangunan irigasi (primer, sekunder, tersier), dan pembangunan septic tank skala komunal.
Sedangkan pembangunan non infrastruktur berupa pelatihan dan pengadaan program bantuan untuk masyarakat.


Tidak boleh diusulkan dalam musrenbang perencanaan pembangunan yang sudah dianggarkan dari dana desa dan juga tidak boleh diusulkan lagi program pembangunan yang sudah diakomodir untuk dilaksanakan pada tahun 2020 ini.

Sementara itu, Fasilitator A. Latif mengemukakan apa yang menjadi usulan dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan Woja ini akan dibawa ke Musrenbang Tingkat Kabupaten Dompu dengan skala prioritas sesuai dengan yang disepakati oleh peserta Musrenbang dengan mempertimbangkan keterkaitan antar wilayah, dan ketersediaan daya dukung yang ada di wilayah. 

Dari sektor ekonomi disepakati ada 5 hal prioritas yang diusulkan yaitu peningkatan jalan ekonomi, pembukaan jalan ekonomi, program bantuan untuk jagung, unggas dan ternak serta perbaikan embung. Hingga berita ini diturunkan, usulan program untuk sektor lain masih dalam pembahasan. (AMIN).


×
Berita Terbaru Update