Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ini Kiat Kades Anamina Tuntaskan Berbagai Persoalan di Desanya

Senin, 10 Februari 2020 | 7:12 AM WIB Last Updated 2020-02-09T23:12:43Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka berbagai persoalan sosial di tengah masyarakat juga semakin bertambah banyak pula. 
Baik itu prahara yang terjadi di dalam sebuah rumah tangga maupun masalah anggota masyarakat dengan anggota masyarakat lainnya yang berhubungan dengan persoalan perdata maupun pidana.

Kepala Desa Anamina Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Yasin berupaya selama masa kepemimpinannya untuk menuntaskan setiap persoalan yang terjadi di tengah masyarakatnya sesegera mungkin. Ia tidak ingin persoalan yang terjadi di tengah masyarakatnya menjadi berlarut-larut tanpa penyelesaian yang bisa mengakibatkan persoalan tersebut menjadi semakin besar.
"Setiap persoalan yang terjadi di tengah masyarakat kami berupaya untuk menyelesaikannya," jelas Yasin.

Bagaimana kiatnya ? 
Yasin menerangkan salah satu kiat yang dilakukan sejak ia memimpin desanya adalah dengan mengadakan Upacara Bendera setiap hari Senin.
"Setiap hari Senin kami melaksanakan Upacara di depan kantor desa," ujarnya.
Pada hari itu juga, lanjutnya semua Kepala Dusun dihadirkan. Masing-masing Kadus diminta untuk mengemukakan semua masalah yang terjadi di tengah masyarakat yang dipimpinnya dan bagaimana langkah penanganan yang dilakukannya
"Kalau masih ada masalah yang belum selesai yang dilaporkan oleh Kepala Dusun, maka kami melakukan langkah untuk menyelesaikan," jelasnya
Penyelesaian itu dengan melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta perangkat desa yang ada.

Dikemukakan Yasin, semua permasalahan bisa diselesaikan apabila dikomunikasikan dengan baik. Sikap tegas juga dibutuhkan dalam penyelesaian masalah yang terjadi di desanya.
"Alhamdulillah selama ini keadaan di desa Anamina aman, tertib, dan kondusif. Tidak ada masalah yang terlalu berat untuk diselesaikan," ucapnya.
Apalagi Desa Anamina merupakan satu-satunya desa di Kecamatan Manggelewa yang dicanangkan sebagai Kampung KB. Ia mengaku Komunikasi dan koordinasi lintas sektor dengan beberapa instansi terkait berjalan dengan baik dan lancar. 
Berkat kebersa
"Alhamdulillah kantor desa maupun di lingkungan masyarakat terlihat bersih dan indah karena adanya kebersamaan dan kekompakan yang terjalin dengan baik dengan aparat desa maupun dengan masyarakat," pungkasnya. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update