Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hebat, Staf Puskesmas Ranggo Didaulat Jadi Pembicara di Forum KSAN 2019

Selasa, 03 Desember 2019 | 5:53 PM WIB Last Updated 2019-12-03T09:53:19Z

Ratu Puspita L, A. Md. Keb saat menjadi Pembicara di Forum KSAN 2019 Jakarta, Senin (2/12/2019)
Jakarta, Lensa Pos NTB - Selain Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin yang menjadi pembicara di Forum Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) yang berlangsung di Hotel Indonesia - Jakarta, pada Senin (2/12/2019), ternyata ada pula seorang srikandi hebat asal Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu NTB yang juga didaulat sebagai pembicara dalam forum berlevel nasional tersebut.
Dia adalah Ratu Puspita L, A. Md. Keb, Bidan Koordinator di Puskesmas Ranggo yang menyajikan materi tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM).
Di hadapan ratusan peserta dari seluruh Indonesia tersebut,  Ratu panggilan akrab bidan cantik ini mengatakan  bahwa mengelola menstruasi dengan bermartabat adalah hak asasi bagi perempuan dan anak-anak.

"Kebanyakan anak perempuan tidak paham tentang menstruasi serta prosesnya dan mereka baru paham saat mengalami menarche (haid pertama)," jelasnya.

Lebih lanjut Ratu menyampaikan agar semua pihak sebagai pemangku kebijakan penting di republik ini, untuk dapat melibatkan perempuan dewasa dan anak dalam hal pembuatan keputusan dan kebijakan terkait air, sanitasi dan fasilitas kebersihan.

Ratu Puspita sebelumnya telah banyak pengalaman yang berkaitan dengan masalah Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) ini. Di antaranya TOT MKM (2016), sebagai narasumber lokakarya STBM tingkat nasional (2018), Fasilitator MKM di KLU (2019), Andil dalam pembuatan modul panduan MKM (2019), dan saat ini selain sebagai ASN bidan juga menjadi TOT PLAN Internasional dalam program MKM.
Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin dan Bikor Puskesmas Ranggo, Ratu Puspita L, A. Md. Keb di Forum KSAN 2019 Jakarta, Senin (2/12/2019)
Tampilnya Ratu Puspita L, A.Md. Keb, di Forum KSAN tahun 2019 ini merupakan hal yang sangat membanggakan. Betapa tidak, seorang bidan mendapatkan kepercayaan untuk menjadi pembicara di forum kegiatan resmi bertaraf nasional adalah hal yang amat langka terjadi.

"Hal ini menjadi bukti bahwa tunas muda Daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu, tidak kalah hebatnya dengan tunas muda di berbagai daerah di Indonesia. Dengan kerja keras, kemauan yang kuat, dan terus berlatih, kita semua pasti bisa untuk memberikan kiprah terbaik bagi kemajuan bangsa dan daerah," kata Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin mengapresiasi sebagaimana dirilis Bagian Humas Setda Dompu.
Bupati HBY berharap semoga bidan  Ratu Puspita menjadi inspirasi bagi siapapun untuk terus berkarya dalam berbagai bidang.

Sebagai informasi bahwa Forum Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN), yang berlangsung di Hotel Indonesia Jakarta, Senin (2/12/2019) ini merupakan forum yang menjadi agenda advokasi strategis tingkat nasional dua-tahunan di bidang pembangunan sanitasi dan air minum.

Konferensi KSAN diselenggarakan oleh kelompok kerja Pembangunan Perumahan, Pemukiman, Air Minum dan Sanitasi (Pokja PPAS)) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia.

Tema yang diusung dalam KSAN tahun 2019 ini adalah, "Menuju Layanan Sanitasi dan Air Minum yang Aman, Inovatif, dan Berkelanjutan Untuk Semua". (AMIN).

×
Berita Terbaru Update