Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

6 Jenis Sapi Hasil Inseminasi Buatan Ramaikan Kontes Ternak di Dompu

Jumat, 04 Oktober 2019 | 9:02 AM WIB Last Updated 2019-10-04T01:02:12Z

Dirjen PKH Kementan RI, Dr. Drh I Ketut Diarmita, MP meninjau pelaksanaan Kontes Ternak di Dompu, Kamis (3/10/2019)
Dompu, Lensa Pos NTB - Salah satu event tahunan yang paling dinantikan oleh para peternak di Kabupaten Dompu adalah Kontes Ternak. Seperti yang dilaksanakan di Lapangan Beringin Pemda Dompu, Kamis (3/10/2019) kemarin.

Ratusan ekor sapi hasil dihadirkan oleh para peternak untuk mengikuti event berhadiah tersebut. Sapi-sapi berukuran raksasa tersebut didatangkan dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Dompu.

Kontes ternak ini disaksikan langsung oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Dr. Drh I Ketut Diarmita, MP beserta rombongan didampingi Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Ir. Hj. Budi Septiani dan Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin beserta sejumlah pimpinan Forkopimda dan OPD.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu melalui Kabid Budidaya dan Pengembangan Ternak, Suherman, S. Pt mengungkapkan ada 6 kategori sapi yang dilombakan dalam kontes tersebut. Yakni sapi bali pejantan, sapi bali induk, sapi pejantan limosin, sapi brahman pejantan, sapi simental pejantan, dan sapi angus pejantan.
"Semua sapi yang dilombakan ini adalah hasil IB (Inseminasi Buatan)," jelas Suherman.
Pada kesempatan tersebut, Bupati Dompu juga memperlihatkan olahan pakan sapi dari kulit jagung yang telah difermentasi yang dinamakan "Tape Kulit Jagung". 
Selain untuk memanfaatkan limbah jagung, pakan ini juga akan meningkatkan bobot ternak sapi. Bila dikonsumsi oleh sapi sekitar 8 kg per hari, maka akan menaikkan berat badan sapi 0,6 kg. (AMIN).



×
Berita Terbaru Update